Beras Impor Sudah Masuk RI

Beras Impor Sudah Masuk RI

WinNetNews.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memastikan beras impor asal Vietnam sudah masuk ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Beras impor ini masuk ke gudang-gudang Perum Bulog sebagai cadangan untuk stabilisasi harga beras dalam negeri.

"Sudah (masuk). Pergi lihat pelabuhan kalau tidak percaya. Pergi lihat pelabuhan saja, di banyak pelabuhan bukan hanya Jakarta, di tempat lain," kata JK di kantor Wapres di komplek Istana, Rabu (11/11/2015).

JK menegaskan impor beras sebagai cadangan beras pemerintah di gudang-gudang Bulog dalam rangka menjaga stok beras nasional. Hal ini karena stok produksi beras terdampak akibat kemarau parah yang dipicu oleh fenomena el-nino. JK menegaskan pemerintah tak mau berspekulasi soal data produksi beras di dalam negeri.

Baca juga: RI Impor Beras dari Thailand dan Vietnam

"Demi rakyat! Bukan demi hanya satu orang untuk jaga citra, tidak! Demi menjaga jangan harga beras naik. Karena data BPS itu susah dipertanggungjawabkan, ya," tegas JK.

Dua hari lalu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Darmin Nasution, mengatakan belum ada beras asal Vietnam masuk ke Indonesia. Menurut Darmin, pemerintah akan melihat dulu dampak el-nino terhadap produksi dan stok beras sebelum memutuskan impor.

Apabila dampak el-nino tidak signifikan terhadap produksi dan stok beras, maka beras impor dari Vietnam itu tidak akan masuk Indonesia. Sebelumnya, pada Oktober tahun ini sudah ada kontrak untuk mengimpor beras dari Vietnam.

"Nanti kita lihat dulu, kekeringannya (akibat el-nino) tinggi atau nggak dari sini. Kalau dari Vietnam kita lihat saja, apakah perlu dibawa masuk. Kalau tidak perlu ya nggak dibawa masuk. Jangan pernah khawatir, itu belum masuk barangnya," ujar Darmin usai memberikan kuliah umum di Kampus UI, Depok, Senin (9/11/2015).

disadur dari detik