Berat Badan Naik Saat PMS? Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Berat Badan Naik Saat PMS? Mungkin Ini Penyebabnya

Senin, 9 Mar 2020 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Masa menjelang menstruasi, seringkali wanita mengeluh mengenai berbagai gejala premenstrual syndrome (PMS). Mulai dulai dari mood swings, perut kram dan begah, nyeri payudara, sampai ngidam makanan tertentu, hingga naik berat badan saat PMS. Namun, benarkah berat badan naik bisa terjadi saat PMS atau hal ini hanya disebabkan pola makan sehari-hari?

Beragam kemungkinan penyebab berat badan naik saat PMS

Fase PMS ditandai oleh kadar hormon progesteron yang mengalami peningkatan, sementara hormon estrogen mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan berbagai gejala fisiologis dan gejala PMS yang biasanya mulai terasa sekitar 7-10 hari sebelum hari pertama menstruasi, dan mereda dalam 1-2 hari setelah haid mulai.

Berat badan naik saat PMS merupakan hal yang wajar dan sangat mungkin terjadi. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Penumpukan cairan

Tubuh wanita sangat unik dan luar biasa. Setiap bulannya selalu melewati berbagai siklus hormonal yang menyebabkan komposisi tubuh selalu berubah-ubah.

Selama PMS, tubuh menyesuaikan diri dengan terus menahan cairan di dalam sel tubuh. Akibatnya, berat badan air pun bertambah.

Kenaikan berat badan air biasanya ditandai dengan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, walaupun tidak terlalu jelas terlihat, dan perut yang terasa begah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...