Berat Badan Naik Secara Tiba-tiba? Mungkin Ini Penyebabnya

Rusmanto
Rusmanto

Berat Badan Naik Secara Tiba-tiba? Mungkin Ini Penyebabnya ilustrasi
Winnetnews.com -  Kenaikan berat badan bisa menjadi hal yang sangat meresahkan bagi banyak orang. Apalagi jika mereka sebenarnya sedang menjalani program diet. Masalahnya adalah berat badan yang naik secara tiba-tiba belum tentu disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Lantas, apa sajakah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan hal ini?

Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Kenaikan Berat Badan Tiba-Tiba

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai kenaikan berat badan dalam waktu yang singat meskipun kita sudah menerapkan pola makan yang baik.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa saja menyebabkan kenaikan berat badan.

1. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Sebagai informasi, kelenjar tiroid memiliki peran besar dalam mengendalikan sistem metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh. Jika sampai kelenjar tiroid mengalami gangguan, maka ada kemungkinan hal ini akan membuat sistem metabolisme terganggu dan akhirnya mempengaruhi berat badan dengan signifikan.

Berat badan yang naik tiba-tiba akibat masalah pada kelenjar tiroid cenderung rentan terjadi pada wanita dengan usia lanjut. Biasanya, sistem metabolisme di dalam tubuh mereka cenderung sudah jauh lebih lambat dibandingkan dengan saat masih berusia muda.

Apa Reaksi Kamu?