Berbagai Cara Atasi Gigi Ngilu Saat Puasa
ilustrasi

Berbagai Cara Atasi Gigi Ngilu Saat Puasa

Kamis, 21 Mei 2020 | 03:27 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Memiliki kondisi gigi yang sensitif dapat membuat kenikmatan saat iftar (buka puasa) maupun sahur berkurang. Rasa ngilu dapat kapan saja datang ketika Anda mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin. Padahal, berbagai macam makanan dan minuman khas Ramadan sangat sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu, simak beberapa cara untuk mencegah ngilu akibat gigi sensitif ini agar tidak lagi sering muncul saat makan atau minum!

Ketahui apa penyebab gigi Anda sensitif yang sering memicu ngilu

image0

Gigi sensitif dapat terjadi pada semua orang, tapi pada umumnya dialami oleh kelompok usia antara 20 hingga 65 tahun. Berbagai hal dapat menyebabkan Anda mengalami gigi sensitif yang sering memicu rasa ngilu.  Berikut ini beberapa penyebab gigi sensitif yang perlu Anda ketahui:

Enamel gigi terkikis

Enamel merupakan lapisan luar yang keras dan berfungsi melindungi bagian dalam gigi yang lebih lunak. Ketika enamel mulai menipis, gigi akan lebih sensitif terhadap panas atau dingin.

Akar gigi terlihat

Bagian bawah gigi ini memiliki enamel paling sedikit sehingga ketika ini terlihat atau terbuka, risiko munculnya rasa ngilu akan lebih besar.

Gigi retak dan berlubang

Kerusakan gigi karena retak dan berlubang dapat menyebabkan bagian tengah gigi terbuka sehingga mengakibatkan gigi mudah terpapar. Ini dapat memicu rasa ngilu karena sensitif.

Penyakit dan penyusutan gusi

Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan akar gigi terbuka sehingga gigi mudah terpapar dan menyebabkan gigi sensitif. Namun, penyusutan gusi merupakan proses yang cukup normal karena hampir 90% orang berusia di atas 65 tahun mengalami hal ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...