Berbagai Cara Efektif agar Anak Berhenti Ngempeng
ilustrasi

Berbagai Cara Efektif agar Anak Berhenti Ngempeng

Minggu, 19 Jul 2020 | 12:22 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bunda mungkin kesulitan mencari cara agar anak berhenti ngempeng. Sebagian besar para ahli menganjurkan agar anak berhenti ngempeng di usia 12 bulan, namun ini mungkin sedikit sulit. Ketahui bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ngempeng jari pada anak dalam artikel ini.

Cara agar Anak Berhenti Ngempeng

Empeng atau dot adalah alat bantu yang diberikan pada bayi untuk menghisap. Menghisap dot akan membuat bayi lebih tenang dalam kondisi tertentu, namun para ahli menyarankan untuk menghentikan kebiasaan ngempeng pada bayi di usia 12-18 bulan.

Bunda mungkin kesulitan untuk menghentikan kebiasaan anak ngempeng ini seiring bertambahnya usia. Berikut ini adalah cara agar anak berhenti ngempeng:

1. Coba Hentikan Kebiasaan Ngempeng Perlahan

Para ahli menyarankan untuk menghentikan penggunaan empeng bayi menginjak usia 12 bulan, namun ada juga yang menyarankan pada usia 2 tahun. Bunda mungkin memiliki preferensi sendiri untuk menentukan kapan anak berhenti ngempeng.

Bila dirasa sudah kecanduan empeng, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut perlahan. Bunda juga harus sabar bila anak kemudian rewel tanpa empeng. Anda dapat mulai membatasi waktu ngempeng di waktu tidur atau saat bermain.

2. Sembunyikan Empeng

Sembunyikan empeng atau dot anak di pagi hari. Anak Anda mungkin akan lupa tentang empeng bila tidak melihatnya sejak pagi hari. Apabila anak menanyakannya, Anda dapat menjelaskan dengan cara yang baik dan lembut bila empeng hilang.

Pendekatan ini mungkin juga kurang efektif karena anak akan merengek dan Anda mungkin tidak tega. Sebaiknya, Anda juga harus mengalihkan perhatian anak dari keinginan ngempeng dengan makanan sehat lain atau mengajaknya bermain sesuatu yang mendidik dan menyenangkan.

3. Berikan Penjelasan Bahwa Empeng Rusak

Cara agar anak berhenti ngempeng selanjutnya adalah dengan merusak empeng. Gunting bagian atas dot dan berikan pada anak. Jelaskan bila dotnya sudah rosak dan tidak bisa dipakai lagi.

Jelaskan pada anak bila Anda tidak dapat membeli dot baru. Anak Anda mungkin merasa sedih. Berikan setidaknya satu minggu hingga anak paham bahwa dot rusak tidak akan nyaman digunakan. Anda tidak dianjurkan untuk segera membuang dot tersebut sebelum memberi penjelasan hingga anak paham.

4. Beri Pemahaman pada Anak

Berikan penjelasan pada anak untuk tidak ngempeng lagi. Anda harus melakukannya dengan lembut dan penuh kasih sayang. Jangan memarahi atau menggunakan kata-kata bermakna negatif saat membujuk anak.

Bunda dapat memberitahu anak bila dot atau empeng hanya untuk bayi kecil, sementara anak Anda sudah besar dan akan menjadi lebih kuat bila tidak ngempeng lagi. Cara ini juga membutuhkan kesabaran Bunda, jadi mungkin tidak berhasil dalam satu kali percobaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...