Berbagai Cara Hilangkan Benjolan di Kelopak Mata
ilustrasi

Berbagai Cara Hilangkan Benjolan di Kelopak Mata

Sabtu, 2 Mei 2020 | 07:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernah mengalami benjolan tumbuh di kelopak mata tapi tidak ada rasa sakit? Itu adalah kalazion. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar minyak atau sebum (sebaceous) tersumbat di bawah kulit. Meski membentuk benjolan, kalazion bukan termasuk infeksi dan tidak berbahaya. 

Namun, Anda perlu ke dokter karena kondisi benjolan di kelopak mata ini bisa menghalangi penglihatan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion? Berikut langkahnya.

Cara menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion

image0

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter, biasanya pemeriksaan dimulai dari mencari benjolan di kelopak mata yang tidak terasa nyeri.

Dokter juga akan memeriksa penyebab lain dari benjolan di kelopak mata ini, termasuk bila ada kemungkinan pertumbuhan tumor jinak atau ganas.

Sebagai langkah awal, berikut cara menghilangkan benjol di kelopak mata atau kalazion, mengutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO).

Kompres air hangat

Mengompres area benjolan di kelopak mata menjadi cara pertama untuk menghilangkan kalazion. Rendam kain bersih di dalam air panas lalu tempelkan di kelopak mata Anda selama 10-15 menit, lakukan 3-5 kali dalam sehari. 

Jaga kain tetap hangat, jadi sebaiknya rendam kain di air panas sesering mungkin ketika sudah dirasa mulai dingin. Kompres air hangat membantu untuk kelenjar minyak yang tersumbat agar lebih lancar.

Melakukan pemijatan

Memijat area kelopak mata secara lembut dengan memakai air hangat bisa membantu melancarkan saluran minyak yang tersumbat. Sebelum melakukan pemijatan, pastikan Anda membersihkan tangan untuk mengurangi risiko infeksi mata. 

Setelah kalazion atau benjolan di kelopak mata ini mulai mengering, jaga kebersihan area mata dengan tidak menyentuh mata dengan tangan. Selain bisa membuat benjolan kembali muncul, ini juga bisa memicu datangnya infeksi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...