Berbagai Cara untuk Atasi Mimpi Buruk
ilustrasi

Berbagai Cara untuk Atasi Mimpi Buruk

Jumat, 3 Jul 2020 | 08:31 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Tidak hanya untuk anak kecil, mimpi buruk juga bisa terjadi pada orang dewasa di setiap usia. Bahkan, satu dari setiap dua orang dewasa dapat memiliki mimpi buruk. Mimpi buruk mungkin tidak menjadi masalah jika Anda langsung bisa melupakannya. Namun, bagaimana jika mimpi buruk menghantui hari-hari Anda? Ini tentu sangat mengganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasi mimpi buruk?

Apa yang menyebabkan mimpi buruk?

Sebelum Anda mengerti bagaimana cara mengatasi mimpi buruk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu mimpi buruk dan penyebabnya. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk Anda mengatasi mimpi buruk.

Mimpi buruk bisa membuat Anda terbangun dari tidur nyenyak Anda. Pada saat ini, mungkin Anda merasakan jantung Anda berdebar dan perasaan takut. Biasanya mimpi buruk terjadi selama tahap tidur Rapid Eye Movement (REM), di mana sebagian besar mimpi terjadi.

Mimpi buruk biasanya terjadi secara spontan. Anda tidak bisa memilih akan mimpi apa malam ini. Penyebab dari mimpi buruk bisa dari berbagai faktor dan gangguan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan mimpi buruk adalah:

  • Makan sebelum tidur, ini dapat meningkatkan metabolisme dan sinyal otak lebih aktif sehingga Anda bisa mengalami mimpi buruk.
  • Beberapa obat-obatan, seperti obat yang memengaruhi otak atau obat nonpsikologis juga sering dikaitkan dengan mimpi buruk.
  • Kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk.
  • Masalah tidur juga dapat menyebabkan mimpi buruk, seperti sleep apnea dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).
  • Masalah psikologis, seperti kecemasan dan depresi, dapat menyebabkan mimpi buruk. Post-traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk yang berulang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...