Berbagai Cara untuk Meminimalkan Polusi Udara dalam Ruangan
ilustrasi

Berbagai Cara untuk Meminimalkan Polusi Udara dalam Ruangan

Senin, 9 Nov 2020 | 14:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas udara di dalam ruangan. Saat di luar ruangan, kadang kita bisa melihat asap knalpot kendaraan bermotor yang berwarna hitam. Bagaimana dengan polusi di dalam ruangan? Udara yang buruk cukup sulit untuk dilihat, bahkan tidak berbau. 

Oleh karena itu, polusi di dalam ruangan sering dianggap lebih berbahaya dibandingkan dengan polusi luar ruangan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan, polusi di dalam ruangan 1000 kali lebih dapat mencapai organ paru dibandingkan dengan polusi di luar. Lantas, apa saja yang bisa mencemari udara di dalam rumah? 

Perlu diketahui, polutan di luar ruangan juga dapat ditemukan di dalam ruangan. Polutan tersebut dapat bergabung dengan iritan lainnya. Misalnya, dari asap mesin atau peralatan berbahan bakar gas, alergen dari bulu hewan peliharaan, tungau debu rumah, dan jamur.

Udara yang buruk di dalam rumah akan memicu gejala sesak napas, batuk, dada sesak, mata berair, sakit tenggorokan, kulit gatal, bahkan serangan asma. Namun, gejala yang timbul terkadang tidak selalu disadari, bahkan tak bisa dirasakan langsung oleh tubuh.

Demi menjaga kesehatan tubuh, ketahui cara untuk meminimalkan polusi udara di dalam ruang lewat cara berikut:

1. Meningkatkan Ventilasi Udara

image0

Pertukaran udara yang buruk bisa ditandai dengan beberapa hal. Antara lain, kurangnya udara segar yang masuk ke dalam ruangan,  buruknya persebaran udara, lalu sistem ventilasi yang kurang terawat. 

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk tidak menutup pintu rumah atau jendela terlalu rapat. Apabila udara terus menetap di dalam, rumah jadi lembap dan banyak mendatangkan penyakit. 

Ventilasi udara ruangan yang buruk ini dapat diatasi dengan memasang exhaust fan. Tujuannya, agar sirkulasi udara di ruangan tersebut tetap baik.

2. Membersihkan AC secara teratur

Ketika menggunakan air conditioning (AC), biasanya kita hanya fokus dengan kemampuan alat tersebut untuk mendinginkan ruangan. Selama ruangan masih dingin, fungsi AC dianggap masih baik.

Padahal, sangat penting untuk membersihkan penyaring udara di mesin AC secara rutin. Jika penyaring AC kotor, lumut dan bakteri akan mudah timbul serta meningkatkan risiko seseorang jadi gampang mudah sakit.

3. Menggunakan HEPA Filter

HEPA (High-efficiency particulate arrestance) filter dianggap mampu membuat udara di dalam ruangan lebih bersih. Sebab, alat ini dapat menyedot debu secara maksimal. HEPA filter juga menjadi salah satu solusi untuk menciptakan udara sehat di dalam rumah.

Apabila ingin mengurangi polusi di dalam rumah, penggunaan HEPA filter sangat direkomendasikan. HEPA filter juga bermanfaat digunakan jika di dalam rumah terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi debu atau asma.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...