Berbagai Cara untuk Mendeteksi Kanker Payudara

Rusmanto
Rusmanto

Berbagai Cara untuk Mendeteksi Kanker Payudara ilustrasi
Winnetnews.com -  Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan sebuah terobosan, yakni tes darah yang bisa mendeteksi kanker payudara lima tahun sebelum kanker ini muncul. Seperti apa sih tes darah ini?

Tes Darah yang Bisa Mendeteksi Kanker Payudara

Penemuan ini diungkap dalam konferensi National Cancer Research Institute yang diadakan setiap tahun di Glasgow, Skotlandia. Dalam konferensi ini, para peneliti mengecek bahan kimia yang disebut sebagai antigen.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Nottingham University’s School of Medicine ini, disebutkan bahwa antigens diproduksi oleh sel-sel kanker yang bisa merangsang reaksi dari sistem imun tubuh manusia. Hasilnya adalah, sistem kekebalan tubuh akan langsung membuat sistem pertahanan untuk melawan perkembangan sel-sel kanker tersebut.

Penemuan ini berawal dari keinginan para peneliti untuk mengetahui apakah ada bagian spesifik dari antibody yang secara otomatis akan aktif saat dirangsang oleh adanya antigen yang berasal dari sel-sel tumor. Hal ini kemudian berlanjut menjadi tes lainnya yang menggunakan 90 sampel darah dari 90 pasien yang baru saja didiagnosis kanker payudara. Sampel ini kemudian dibandingkan dengan 90 pasien terkontrol lainnya yang tidak mengidap kanker payudara.

Hasil dari penelitian ini adalah, di dalam sampel-sampel darah ini para peneliti bisa mengecek apakah ada bagian dari sistem imun tubuh yang otomatis aktif karna dirangsang oleh antigen. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 37 persen dari sampel darah yang menunjukkan adanya kanker payudara. Sementara itu, di grup yang tidak memiliki kanker payudara, mereka bisa memastikan bahwa 79 persen sampel darah memang tidak memiliki tanda dari penyakit ini.

Daniyah Alfattani, salah satu peneliti yang terlibat menyebut penelitian ini memang masih di fase awal sehingga akan membutuhkan penelitian lebih lanjut demi memastikan cara pendeteksian lebih dini dari kanker payudara. Kini, para peneliti sedang melakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan 800 pasien untuk memastikan akurasi dari hasil tes darah untuk mendeteksi kanker payudara.

Apa Reaksi Kamu?