Berbagai Cara untuk Mengatasi Mata yang Perih
ilustrasi

Berbagai Cara untuk Mengatasi Mata yang Perih

Selasa, 19 Jan 2021 | 09:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mata perih dan terasa panas sangatlah mengganggu aktivitas. Sebentar-sebentar Anda tidak tahan untuk mengucek mata. Padahal, mengucek mata bukanlah cara yang baik untuk mengatasi mata perih. Lalu, harus bagaimana? Cara mengatasi mata perih dan terasa panas sebetulnya ada banyak, tergantung juga dari apa yang menyebabkannya. Simak di sini, yuk!

Tips mengatasi mata perih dan panas, berdasarkan penyebabnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mata perih adalah kondisi yang bisa dipicu oleh berbagai hal. Selain itu, mata yang sering terasa perih bisa jadi merupakan pertanda dari gangguan kesehatan mata Anda.

Berikut adalah berbagai penyebab kondisi mata perih beserta cara mengatasinya yang baik dan benar:

1. Blefaritis

image0

Blefaritis atau blepharitis adalah infeksi bakteri yang menyerang pinggiran kelopak mata (garis tumbuhnya bulu mata).

Kondisi ini umumnya mengenai kedua mata, dan biasanya salah satu mata akan tampak lebih meradang. Umumnya, selain mengalami sensasi perih dan menyengat, biasanya blefaritis juga disertai dengan kemerahan dan bengkak pada mata.

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan masalah pada kelenjar minyak di kelopak mata.

Cara mengatasinya:

Kompres hangat pada mata yang terasa perih dapat melunakan kerak belek yang menempel di tepian kelopak mata dan bulu mata. Lakukan selama 10 menit, dan ulangi beberapa kali sehari jika perlu.

Setiap kali habis mengompres mata, gosok lembut kelopak mata dengan kapas yang telah direndam air dan sampo bayi. Pijat dengan gerakan memutar, setelahnya betul-betul keringkan daerah mata Anda yang terinfeksi.

Selama masih terkena blefaritis, batasi atau hentikan dulu sementara memakai riasan mata. Penggunaan riasan mata akan membuat kebersihan kelopak mata lebih sulit dijaga. Menjaga kelopak mata agar tetap bersih nyatanya adalah kunci dari pengobatan blefaritis yang efektif.

Selain itu, dokter juga biasanya akan meresepkan salep antibiotik untuk dioleskan ke dasar bulu mata Anda, atau obat antibiotik minum dan juga obat tetes mata steroid.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...