Berbagai Cara untuk Pengobatan Penyakit Ambeien
ilustrasi

Berbagai Cara untuk Pengobatan Penyakit Ambeien

Selasa, 12 Jan 2021 | 11:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Memiliki penyakit ambeien tentu sangat mengganggu. Belum lagi, penyakit ini juga dapat menyebabkan sembelit bahkan BAB berdarah. Bagaimana pilihan penanganan sebagai cara mengobati ambeien dari obat di apotek sampai perawatan dari dokter?

Obat sebagai cara cepat mengobati ambeien

image0

Gejala ambeien atau wasir sebetulnya bisa diatasi sendiri dalam beberapa hari. Namun, akan lebih baik jika Anda segera mencari obat ambeien yang tepat supaya wasir tidak bertambah parah. Ambeien juga bisa saja menimbulkan komplikasi yang membahayakan.

Supaya Anda terbebas dari risiko komplikasi, gunakan beberapa obat ambeien ini untuk meredakan gejalanya.

1. Obat wasir resep dokter

Minum obat bisa menjadi pilihan pertama untuk mengatasi wasir. Obat ambeien yang sering diresepkan dokter meliputi obat oles seperti krim dan salep untuk ambeien, atau supositoria, obat yang digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang dubur.

Obat sebagai cara mengatasi ambeien pada umumnya mengandung hydrocortisone atau lidocaine yang dapat mengurangi gatal dan rasa sakit, serta mengempiskan pembengkakan.

Obat ambeien ini memang harus diresepkan oleh dokter dan hanya boleh digunakan selama satu minggu. Sebab bila digunakan terlalu lama, krim kortikosteroid malah akan membuat kulit di sekitar anus semakin tipis dan ujungnya memperparah iritasi.

Sebelum menggunakan krim ini, pastikan Anda sudah membersihkan area anus dengan tisu bayi bebas pewangi secara perlahan. Setelah itu, cukup oleskan sedikit krim kortikosteroid pada kulit luar anus. Jika digunakan secara rutin, obat ini dapat membantu meringankan gatal dan melancarkan buang air besar.

Dokter mungkin juga akan memberikan obat minum seperti aspirin, ibuprofen, atau paracetamol untuk sementara membantu meredakan rasa sakitnya.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa obat wasir ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Penggunaan obat dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit ginjal dan masalah pada lambung.

2. Obat pencahar

Sembelit menyebabkan wasir juga membuat gejala ambeien semakin parah. Feses yang keras dan sulit dikeluarkan bisa melukai benjolan pembuluh darah di anus.

Akibatnya, feses Anda mungkin berdarah saat BAB. Kondisi ini membuat anus Anda terasa perih. Jangankan bergerak aktif, duduk saja bisa terasa nyerinya.

Supaya sembelit tidak memperparah gejala wasir, Anda bisa coba minum obat pencahar alias laksatif. Obat ini akan menyerap lebih banyak cairan tubuh untuk melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Namun ingat, sebelum menggunakan obat ini untuk ambeien, lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...