Berbagai Jenis Bakteri Baik yang Ada Dalam Usus Manusia
ilustrasi

Berbagai Jenis Bakteri Baik yang Ada Dalam Usus Manusia

Rabu, 7 Apr 2021 | 07:16 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis bakteri baik yang tersebar pada seluruh bagian tubuh? Hanya saja, bakteri yang paling banyak ada pada usus yang setidaknya terdiri dari 400 juta bakteri. Yuk, kenalan dengan para jenis bakteri baik manusia!

Fungsi bakteri baik bukan hanya untuk pencernaan

image0

Ada dua kelompok bakteri, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri yang disebut baik karena bermanfaat untuk dalam proses pencernaan makanan serta memproduksi berbagai zat gizi hasil dari pencernaan.

Sementara itu, bakteri jahat justru membuat tubuh terinfeksi dan menimbulkan berbagai penyakit infeksi yang disebabkan bakteri.

Komposisi dan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung pada apa yang dimakan dan gaya hidup yang diterapkan.

Bakteri baik dalam usus sangat penting. Saking pentingnya, bakteri-bakteri ini dijuluki sebagai “otak kedua” bagi manusia. Tidak hanya berfungsi pada proses pencernaan, bakteri baik juga dapat tahu perasaan yang sedang dirasakan oleh orang tersebut.

Buktinya, setiap berada dalam keadaan tertekan, gugup, dan sebagainya, beberapa orang merasakan sakit pada perutnya atau mual. Padahal, sebelumnya tidak mengonsumsi makanan yang dapat menjadi penyebab mual.

Ini membuktikan bahwa bakteri baik mengerti apa yang dirasakan dan kemudian memberikan respons yang sama ketika seseorang tersebut merasa gelisah.

Tiga jenis bakteri baik

Seperti golongan darah, setiap orang memiliki jenis bakteri baik yang berbeda-beda. Walaupun terdapat jutaan bahkan miliaran bakteri yang ada di dalam tubuh, peneliti membaginya menjadi tiga kelompok besar.

Hal ini dijelaskan dalam riset yang melakukan penelitian pada 3 kelompok orang berbeda, kelompok pertama terdiri dari orang yang tinggal di daerah Eropa, kelompok kedua yaitu kelompok yang berasal dari Amerika Serikat.

Sementara kelompok terakhir melibatkan beberapa orang dari Jepang. Total responden yang diikutkan dalam penelitian ini sebanyak 39 orang yang masing-masing diambil sampel fesesnya untuk diteliti.

Penelitian yang dilakukan oleh European Molecular Biology Laboratory di Jerman tersebut membuktikan bahwa terdapat tiga kelompok besar bakteri yang ada pada usus. Ketiga jenis bakteri baik itu adalah Bacteroides, Prevotella, dan Ruminococcus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...