Berbagai Jenis Obat Jamur Kuku Alami dan Medis
ilustrasi

Berbagai Jenis Obat Jamur Kuku Alami dan Medis

Selasa, 14 Jul 2020 | 06:54 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Jika memiliki jamur kuku, sebaiknya segera atasi dengan obat jamur kuku karena jika dibiarkan akan semakin parah dan sulit diobati. Apa saja obatnya? Yuk simak informasi lengkap tentang obat alami dan medis di bawah ini!  

Cara Mengobati Jamur Kuku yang Alami

Mengobati jamur kuku bisa menggunakan bahan alami yang sangat mudah kita dapatkan seperti bawang putih dan teh hitam karena kandungan di dalamnya memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Berikut adalah cara menghilangkan jamur kuku dengan bahan alami:

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa antijamur dan antimikroba yang dapat membantu mengobati jamur kuku. Penggunaanya cukup dengan menerapkan bawang putih cincang atau yang dihaluskan pada kuku selama 30 menit setiap hari.

Jangan terlalu banyak mengaplikasikan bawang putih pada kuku karena dapat menyebabkan luka bakar kimia.

2. Cuka

Cuka juga menjadi salah satu obat jamur kuku alami, terutama kuku kaki. Meskipun rasa dan aromanya yang begitu kuat, obat rumahan ini cukup aman untuk dicoba.

Cara menggunakannya mudah, rendamlah kuku kaki yang terkena jamur dalam air hangat yang dicampur beberapa sendok makan cuka selama 20 menit sehari.

3. Baking Soda

Baking soda atau soda kue dapat menyerap kelembapan yang menyebabkan jamur kuku. Penggunaan baking soda secara topikal bisa mencegah pertumbuhan jamur sekitar 79 persen.

Cara mengobati jamur kuku ini cukup memasukkan soda kue ke dalam kaus kaki dan sepatu untuk menyerap kelembapan. Cara lainnya juga bisa mengoleskan soda kue yang telah dilarutkan air pada kuku selama setidaknya 10 menit sebelum dibilas.

Pengobatan ini dapat diulangi beberapa kali sehari dalam seminggu sampai jamur kuku hilang.

4. Teh Hitam

Merendam kuku kaki yang terinfeksi jamur dalam teh hitam juga bermanfaat dalam mengobati jamur kuku. Teh jenis ini mengandung asam tanat yang berkhasiat menyerap kelembapan kaki, membunuh bakteri, dan membantu mengecilkan pori-pori kaki untuk mengurangi keringat.

Cara membuat teh khusus untuk jamur kuku hanya dengan merebus 5 sampai 6 kantong teh ke dalam dua liter air. Setelah didinginkan, rendamlah kuku kaki selama 30 menit. Gunakanlah obat jamur kuku alami ini setiap hari jika diinginkan.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang memiliki khasiat sebagai antijamur dan antiseptik. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, beberapa penelitian klinis skala kecil telah menunjukkan bahwa minyak ini efektif melawan jamur kuku.

Cara mengobati jamur kuku dengan bahan alami ini hanya dengan mengoleskannya memakai kapas pada kuku. Sebaiknya oleskan sebanyak dua kali sehari.

6. Minyak Oregano

Minyak ini mengandung timol, yang juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Tentunya cocok digunakan untuk menghilangkan jamur kuku.

Caranya sama dengan tea tree oil, oleskanlah minyak oregano pada kuku yang terkena jamur sebanyak dua kali sehari menggunakan kapas. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa orang bahkan menggunakan minyak oregano dan tea tree oil secara bersamaan.

Namun, harus berhati-hati karena kedua minyak ini kuat dan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Mencampurkan kedua obat jamur kuku ini dapat meningkatkan risiko tersebut. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...