Berbagai Jenis Vitamin yang Baik untuk Pencernaan Anak

Berbagai Jenis Vitamin yang Baik untuk Pencernaan Anak

Kamis, 2 Jul 2020 | 10:34 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare rentan menyerang anak-anak. Sembelit pada anak membuat si kecil susah buang air kecil. Sebaliknya, diare pada anak-anak membuat mereka harus bolak-balik buang air ke kamar mandi. Namun, rentan bukan berarti tidak bisa dicegah sama sekali. Anda bisa menghindari anak dari masalah sistem pencernaan dengan memenuhi asupan vitamin yang baik. Apa saja? Yuk, lihat pilihan vitaminnya berikut ini.

Daftar vitamin terbaik untuk pencernaan anak

Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi tersebut digunakan sebagai bahan bakar sel dan organ di dalam tubuh untuk bekerja secara optimal. Tak hanya itu, nutrisi tersebut juga mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jika si kecil mengalami masalah pencernaan, risiko kekurangan nutrisi bisa terjadi. Ini bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya dan berdampak dengan kualitas hidupnya kelak. Inilah sebabnya, orangtua harus memberikan perlindungan pada sistem pencernaan anak agar senantiasa sehat.

Berikut ada beberapa jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak, di antaranya:

1. Vitamin A

image0

Vitamin A dari makanan akan disimpan di dalam hati, yang kemudian berikatan dengan protein menuju sel-sel tubuh yang membutuhkan atau mengalami peradangan.

Kebanyakan orang tahu jika vitamin ini sangat baik untuk mata. Faktanya, vitamin ini juga memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan anak. Jurnal Community Eye Health menyebutkan vitamin A mendukung sistem kekebalan imun dari infeksi.

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab diare adalah infeksi kuman. Jika sistem imun tubuh semakin kuat, tentunya risiko infeksi dapat berkurang karena tubuh mampu melawan kuman sebelum menimbulkan infeksi. Itu artinya, secara tidak langsung, vitamin A juga menjaga kesehatan pencernaan si kecil.

Si kecil bisa mendapatkan vitamin A dari beragam makanan, seperti bayam, wortel,  dan pepaya. Agar nutrisi vitamin tidak banyak yang hilang, pilih buah yang matang sempurna dan masak sayung jangan terlalu matang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...