Berbagai Kiat Menjaga Kesehatan Kaki
ilustrasi

Berbagai Kiat Menjaga Kesehatan Kaki

Rabu, 12 Feb 2020 | 13:25 | Rusmanto
Winnetnews.com - Tanpa kita sadari, kaki kita juga menjadi bagian tubuh yang paling sibuk dan selalu bergerak setiap hari. Baik saat berjalan, berlari, sampai melakukan olahraga, kaki berperan penting sebagai penopang tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Sayangnya, kita sering kali luput dalam menjaga kesehatannya. Padahal, kesehatan kaki yang menurun juga akan berdampak pada efektivitas Anda saat berkegiatan.

Kiat-kiat menjaga kesehatan kaki

Seiring bertambahnya usia, tingkat kekuatan dan kesehatan tubuh akan semakin menurun, termasuk kaki Anda. Kaki pegal dan linu adalah masalah yang kerap terjadi usai melakukan kegiatan yang cukup berat seperti berjalan dengan jarak jauh. 

Agar tidak menimbulkan masalah serius, berikut adalah kiat-kiat untuk menjaganya tetap sehat.

1. Menjaga kebersihan kaki

image0

Kaki yang sehat tentu harus dimulai dari kaki yang bersih. Menjaga kebersihan terutama pada telapak kaki juga sangat penting, termasuk membersihkan kotoran di sela kuku dan sela jari. Membersihkan kaki juga menghindari kita dari masalah kesehatan kulit seperti kapalan dan mata ikan.

Potonglah kuku secara rutin. Bersihkan juga kuku Anda menggunakan sikat kecil dengan sabun. Hal ini dilakukan agar kuku terhindar dari infeksi. Ingat juga untuk membersihkan alat pemotong kuku secara berkala menggunakan alkohol supaya bebas dari sisa-sisa kotoran.

Cuci kaki dengan sabun, gosok lembut sampai sela-sela jari. Anda dapat menggunakan batu apung dan gosok pada bagian bawah telapak kaki untuk mengikis kulit mati. Namun, tidak disarankan menggosok kaki terlalu keras agar kulit tidak lecet. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Jangan berendam terlalu lama karena akan membuat kulit Anda kering

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...