Berbagai Latihan Peregangan Bagi Manusia Usia Lanjut
ilustrasi

Berbagai Latihan Peregangan Bagi Manusia Usia Lanjut

Rabu, 1 Jul 2020 | 07:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Hari tua yang bahagia berkaitan dengan kesehatan tubuh. Hal ini perlu didukung dengan aktivitas fisik dan pemenuhan nutrisi yang baik. Tak hanya di usia muda, aktivitas fisik pun perlu dilakukan untuk Anda yang menginjak usia lanjut. 

Latihan sederhana yang bisa dilakukan adalah peregangan. Ini penting dilakukan, karena seiring bertambahnya usia, fleksibilitas otot kian menurun. Peregangan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kelenturan otot para lansia. Ada beragam manfaat peregangan dan nutrisi penting untuk lansia agar mencapai kualitas hidup yang baik.

Manfaat peregangan di masa lansia

image0

Menikmati hidup dengan cara bersantai dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik, bisa membuat lansia terbiasa pola hidup sedenter. Tubuh yang tidak aktif bergerak membuat otot kian kaku dan berkurang fleksibilitasnya. Kekakuan otot yang terjadi bisa meningkatkan risiko radang sendi. Selain itu, orang yang berusia 65 tahun ke atas memiliki potensi hilangnya massa otot ketika ia tak melakukan peregangan otot secara rutin.

Dalam Journal of Aging Research, meneliti kelompok orang usia di atas 65 tahun dan menemukan bahwa fleksibilitas terkait erat dengan usia dan penurunan aktivitas. Ini pun berdampak pada fleksibilitas seseorang. Peneliti melihat bahwa aktivitas fisik mendukung fleksibilitas tubuh subjek penelitian, seperti pada bagian pinggul.

Penelitian tersebut menggambarkan pentingnya menjaga aktivitas fisik di masa tua. Meskipun kondisi ini terbilang alami, tetap ada cara bagi lansia mengelola fleksibilitas dan kekuatan otot, yakni dengan latihan peregangan. Berikut beberapa manfaat peregangan untuk lansia yang perlu diketahui.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...