Berbagai Macam Alat Bantu Pernapasan Agar Bisa Bernapas dengan Lega
ilustrasi

Berbagai Macam Alat Bantu Pernapasan Agar Bisa Bernapas dengan Lega

Sabtu, 20 Feb 2021 | 13:34 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Orang-orang dengan gangguan pernapasan seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), emfisema, serta penyebab sesak napas lainnya mungkin membutuhkan berbagai macam alat agar dapat bernapas dan beraktivitas dengan lancar. Tahukah Anda, alat bantu pernapasan apa saja yang dibutuhkan dan cara kerjanya? Berikut ini adalah macam-macam alat bantu pernapasan bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan.

Macam-macam alat bantu pernapasan

Masing-masing alat bantu pernapasan memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Namun, pada dasarnya, setiap alat tersebut berfungsi membantu penderita untuk mengatasi sesak napas agar dapat bernapas lebih lancar. Dengan begitu mereka bisa menjalani kegiatannya sehari-hari.

Terdapat berbagai macam alat bantu pernapasan. Beberapa yang dijabarkan di bawah ini bahkan bisa untuk digunakan di rumah.

1. Tabung dan regulator oksigen

image0

Tabung oksigen punya kemampuan untuk mengubah air menjadi oksigen. Oksigen itu nantinya dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien, bisa melalui hidung atau mulut pasien.

Tabung oksigen juga biasanya memiliki regulator oksigen. Regulator oksigen adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien. Pasalnya, oksigen yang berasal dari tabung memiliki tekanan yang tinggi, sehingga perlu diatur agar aman bagi pasien.

2. Tabung oksigen portable

image1

Berbeda dengan tabung oksigen yang ukurannya besar, oksigen portable dikemas dalam tabung kecil. Oksigennya tersedia dalam bentuk gas. Oksigen portable dijual bebas sehingga Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat terdekat. Tabung oksigen ini mudah dibawa ke mana pun dan tentu Anda bisa menggunakannya di rumah.

Selain untuk orang-orang dengan gangguan pernapasan tertentu, oksigen portable biasa menjadi salah satu komponen penting dalam kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...