Berbagai Makanan dan Minuman yang Bisa Jadi Pemicu Kanker Serviks
ilustrasi

Berbagai Makanan dan Minuman yang Bisa Jadi Pemicu Kanker Serviks

Rabu, 12 Feb 2020 | 12:25 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyebab kanker serviks sebenarnya belum dapat dipastikan secara jelas. Kemungkinan besar, infeksi dari human papilloma virus alias virus HPV disebut-sebut menyumbang peran dalam perkembangan sel-sel kanker pada serviks. 

Namun selain itu, pengaruh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari yang kurang sehat juga diyakini bisa menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Benarkah demikian?

Berbagai makanan dan minuman penyebab kanker serviks

Selain infeksi HPV, ada anggapan yang menyebutkan bahwa makanan dan minuman diperkirakan dapat menjadi penyebab munculnya penyakit kanker, termasuk kanker serviks.

Dalam hal ini, khususnya aneka ragam makanan dan minuman harian yang tergolong kurang sehat dan sedikit zat gizi baiknya mungkin menjadi penyebab kanker serviks.

Itulah sebabnya risiko Anda untuk terkena kanker serviks dapat meningkat karena mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang mungkin menjadi penyebab dari penyakit tersebut. Khususnya, bagi Anda yang sudah tergolong memiliki risiko tinggi kanker serviks.

Berikut daftar makanan dan minuman yang berpotensi meningkatkan risiko dan menjadi penyebab munculnya kanker serviks.

1. Makanan dengan kandungan lemak ‘jahat’

image0

Makanan yang berpotensi menjadi penyebab kanker serviks adalah lemak. Namun, tidak semua jenis lemak bisa menjadi penyebab kanker serviks.

Selama ini, lemak mungkin terkenal dengan pamornya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu Anda ketahui kalau lemak yang dianggap ‘jahat’ atau kurang baik ini, yakni jenis lemak trans dan lemak jenuh.

Lemak trans biasanya mudah ditemui dalam olahan makanan yang telah melalui proses penggorengan, khususnya deep frying. Ada juga lemak trans yang terdapat pada makanan kemasan. Makanan yang mengandung lemak trans mungkin menjadi penyebab kanker serviks.

Sementara lemak jenuh merupakan jenis lemak yang terdapat pada daging sapi, ayam, kambing, dan lainnya. Sama halnya dengan lemak trans, makanan yang mengandung lemak jenuh disinyalir dapat menjadi penyebab berkembangnya sel-sel kanker serviks.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti makanan sumber lemak ‘jahat’ penyebab kanker serviks dengan lemak ‘baik’ yang tentunya akan jauh lebih sehat. Lemak ‘baik’ ini meliputi asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Jenis lemak baik yang mungkin tidak menjadi penyebab dari kanker serviks tersebut biasanya terdapat dalam sumber makanan berupa kacang-kacangan, minyak sayur, dan buah alpukat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...