Berbagai Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Alergi
ilustrasi

Berbagai Makanan yang Bisa Memicu Timbulnya Alergi

Kamis, 20 Feb 2020 | 07:57 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Alergi adalah reaksi abnormal tubuh yang muncul ketika sistem imun melawan zat asing yang pada dasarnya tidak berbahaya. Sistem imun keliru mengenali zat jinak tersebut sebagai ancaman bagi tubuh sehingga menurutnya perlu diberantas. Zat ini dikenal sebagai alergen. Nah, salah satu contoh zat penyebab alergi adalah makanan. Lantas dari sekian banyak jenis makanan yang ada di dunia, mana yang paling sering menjadi penyebab kemunculan reaksi alergi?

Makanan yang sering menjadi penyebab kemunculan alergi 

Makanan itu sendiri tentu bukanlah hal yang berbahaya. Manusia perlu makan supaya tubuhnya dapat berfungsi normal untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Itu kenapa sistem imun tubuh orang sehat pada umumnya tidak akan bereaksi negatif terhadap makanan.

Namun pada orang yang memiliki alergi makanan, tubuhnya akan mengeluarkan antibodi IgE dan bahan kimia histamin sehingga memicu peradangan sebagai reaksi alergi. 

Maka itu, Anda perlu sedini mungkin mengetahui jenis makanan apa yang paling rentan menjadi penyebab kambuhnya alergi sewaktu-waktu.

1. Susu sapi

image0

Susu sapi segar atau olahan apa pun yang terbuat dari susu sapi, seperti krim, keju, butter (mentega), es krim, dapat menjadi penyebab alergi muncul.

Alergi susu terjadi ketika sistem imun tubuh mengenali protein yang terkandung dalam susu sebagai zat berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akhirnya mengeluarkan antibodi imunoglobulin E (IgE) untuk menetralkan protein tersebut.

Di lain kali Anda bersentuhan dengan protein makanan, antibodi IgE akan mengenalinya dan memberi sinyal kepada sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan histamin dan bahan kimia penyebab reaksi alergi lainnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...