Berbagai Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan
ilustrasi

Berbagai Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Sabtu, 1 Mei 2021 | 19:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bumbu dapur memang diperuntukkan untuk memasak makanan agar rasanya lebih lezat. Namun, akan lebih menyenangkan lagi jika bahan tersebut bisa memberikan manfaat sehat buat tubuh.

Nah, salah satu bumbu dapur berkhasiat sehat yang sejak beberapa waktu silam tak henti-hentinya jadi perbincangan masyarakat adalah bawang dayak.

Bawang khas Kalimantan yang punya sebutan Latin Eleutherine palmifolia L Merr ini sudah sejak lama dipercaya oleh sebagian orang bisa mengobati segala macam penyakit.

Menanamnya pun tak sulit. Herbal ini mampu hidup di iklim dan jenis tanah apa saja. Yang jelas, bawang dayak butuh sinar matahari agar tumbuh subur.

Nutrisi paling menonjol dari herbal yang acap kali disebut sebagai bawang berlian ini adalah flavonoid (antioksidan).

Bagaimana dengan manfaat bawang dayak? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mencegah Diabetes

image0

Kandungan eleutherol, eleuthocide A, serta eleutherinoside B dalam bawang dayak bersifat antidiabetik. Senyawa tersebut mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes alias penyakit kencing manis.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Ekstrak etanol bawang dayak juga mampu menangkal bakteri Staphylococcus aureus penyebab berbagai infeksi. Bisa dibilang, bawang berlian ini merupakan antibiotik alami.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan flavonoid, triterpenoid, sekaligus polifenol dalam bawang dayak berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit berbahaya. Risiko terkena penyakit kronis seperti kanker pun bisa ditekan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...