Berbagai Manfaat Makan Bersama dalam Keluarga
ilustrasi

Berbagai Manfaat Makan Bersama dalam Keluarga

Jumat, 10 Jul 2020 | 09:28 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Makan bersama keluarga mungkin sudah jarang dilakukan saat ini, entah karena kesibukan masing-masing, makan terpisah di depan televisi, atau sambil memainkan smartphone. Padahal makan bersama sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental! Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Makan Bersama Keluarga

Makan dengan keluarga adalah tradisi yang tidak hanya sekadar menikmati makanan dan mendapatkan nutrisi, ada banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan jika meluangkan waktu bersama di meja makan keluarga setiap hari.

Berikut ini sejumlah manfaat makan bersama keluarga:

1. Memberi Kebiasaan Makan Sehat

Membesarkan anak yang sehat dan cerdas adalah tentang bagaimana mengajarkan kebiasaan yang baik. Kedua manfaat ini bisa kita dapatkan dengan makan dengan keluarga.

Makan bersama keluarga telah dibuktikan melalui sebuah penelitian di tahun 2016. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa anak-anak berusia antara 9 dan 14 tahun yang sering makan malam dengan keluarga memiliki kebiasaan makan lebih sehat.

Ketika makan bersama di rumah, mereka lebih banyak makan buah dan sayuran, lebih sedikit lemak jenuh dan lemak trans, lebih sedikit makanan digoreng dan minuman bersoda, dan banyak vitamin dan zat gizi mikro lainnya.

2. Mempererat Ikatan Keluarga

Tidak sedikit fakta yang terbukti secara ilmiah untuk mendukung manfaat makan bersama keluarga. Kedekatan antaranggota keluarga memang sangat penting karena dapat membuat sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa anak-anak yang makan dengan keluarga secara teratur, setidaknya lima kali seminggu, kemungkinan satu setengah kali lebih besar memiliki hubungan yang baik dengan ibu dan dua kali lebih mungkin memiliki hubungan yang sangat baik dengan ayah.

Anak-anak juga dua kali lebih mungkin memiliki hubungan yang sangat baik dengan saudara kandung.

3. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Selain mendapatkan nutrisi makanan yang tentu membantu mendorong kecerdasan anak, makan bersama keluarga ternyata memiliki dampak yang lebih besar terhadap prestasi anak di sekolah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang makan malam bersama keluarga sebanyak tujuh kali dalam seminggu hampir 40% lebih mungkin mendapatkan nilai A atau B di sekolah.

Sedangkan anak yang makan malam dengan keluarga sebanyak dua kali atau lebih sedikit dalam seminggu hampir 20% lebih kecil kemungkinannya mencapai prestasi yang sama.

Alasannya, sebagian dampak baiknya berasal dari rutinitas yang dilakukan ketika makan bersama. Ini membantu anak dan orang tua memiliki waktu untuk berbicara tentang sekolah dan menyelesaikan masalah apa pun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...