Berbagai Metode Teknik Latihan Pernapasan bagi Penderita Asma
ilustrasi

Berbagai Metode Teknik Latihan Pernapasan bagi Penderita Asma

Rabu, 20 Mei 2020 | 04:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Obat-obatan seperti inhaler diresepkan untuk membantu membuka saluran udara dan meningkatkan kemampuan menarik dan menghembuskan napas pada penderita penyakit asma. Selain pengobatan, penelitian menunjukkan bahwa latihan pernapasan dapat menjadi terapi yang bermanfaat mengurangi gejala pengidap asma. 

Macam teknik latihan pernapasan untuk pengidap asma

image0

Latihan pernapasan dapat membantu meringankan gejala asma dan meningkatkan kekuatan dan kapasitas paru-paru. Kapasitas paru adalah kemampuan paru-paru menampung udara ketika bernapas.

Studi yang dilakukan oleh Universitas Southampton berjudul Breathing exercises help asthma patients with quality of life menunjukkan bahwa orang dengan asma yang sering kambuh mengalami peningkatan kualitas hidup saat melakukan latihan pernapasan.

Ada beberapa cara latihan pernapasan asma yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot pernapasan dan ada teknik yang mampu meningkatkan fleksibilitas tulang rusuk sehingga paru-paru bisa lebih leluasa untuk mengembang.

Metode pernapasan Papworth

Metode Papworth dikembangkan pada 1960-an di Papworth Hospital Inggris. Metode ini menggabungkan teknik pernapasan dengan metode relaksasi. 

Studi menunjukkan bahwa menggunakan latihan bernapas dengan metode Papworth dapat membantu bernapas dan meningkatkan kualitas hidup pada penderita asma.

Metode Papworth terdiri dari serangkaian pernapasan diafragma. Teknik ini berfokus pada belajar mengontrol dan memperbaiki cara bernapas yang lebih lembut, perlahan, dan stabil menggunakan perut.

Metode tersebut mengajarkan pasien otot mana yang digunakan saat bernapas dan cara menghindari menarik napas terlalu dalam atau terlalu cepat dengan menekankan pernapasan hidung.

Nantinya, metode Papworth secara perlahan akan disesuaikan sehingga memungkinkan untuk dilakukan beriringan dengan keseharian pasien.

Tim spesialis ahli fisioterapi yang tergabung dalam Physio menyimpulkan bahwa meski tidak akan sepenuhnya menghilangkan kebutuhan pada obat pereda asma, latihan pernapasan asma dengan teknik ini dapat mengurangi ketergantungan dan frekuensi kebutuhan pada obat tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...