Berbagai Mitos Terkait Varises yang Banyak Dipercaya Masyarakat
ilustrasi

Berbagai Mitos Terkait Varises yang Banyak Dipercaya Masyarakat

Kamis, 8 Apr 2021 | 12:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidak sedikit orang yang minder dan malu karena punya varises pada tubuhnya. Ya, urat-urat biru yang menonjol di kaki memang sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi Anda yang suka pakai celana pendek atau rok (bagi wanita). Sayangnya, masih banyak orang yang mengira bahwa kondisi ini muncul karena Anda terlalu banyak duduk atau berdiri. Padahal, ini cuma mitos, lho. Lantas, apa saja mitos varises lainnya? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Beragam mitos varises yang terbukti salah

Mitos varises yang beredar di masyarakat terkadang membuat Anda bingung dan malah semakin takut. Untuk meluruskannya, berikut ini beberapa mitos varises yang tak perlu Anda percaya lagi.

1. Varises tidak berbahaya

image0

Adanya varises di bagian kaki memang bukan pemandangan yang bagus, apalagi bagi wanita yang sering pakai rok. Namun ternyata, kondisi ini tidak sekadar menjadi masalah kecantikan saja, lho.

Seorang ahli bedah vaskular di Bellevue, Washington, Kathleen D. Gibson, MD., mengungkap kepada Everyday Health bahwa varises bukanlah masalah sepele, tapi justru cukup berbahaya.

Gejala varises tidak hanya seputar munculnya urat-urat biru yang menonjol di kaki, sering juga menyebabkan bengkak dan kram kaki. Jika tidak segera diobati, varises dapat menyebabkan penggumpalan darah kaki yang disebut dengan deep vein thrombosis.

2. Varises disebabkan terlalu lama duduk atau berdiri

image1

Mitos varises yang satu ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Katanya, varises hanya bisa dialami oleh orang yang punya kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama. Misalnya pada orang yang berprofesi sebagai guru, pramugari, atau sekretaris.

Padahal sebetulnya tidak demikian, lho. Penyebab varises yang sebenarnya adalah ketika pembuluh darah balik (vena) di kaki tidak berfungsi dengan baik.

Vena memiliki katup satu arah yang mengalirkan darah menuju jantung dan mencegah aliran darah tersebut kembali ke organ. Jika katup ini rusak, maka darah akan berkumpul di pembuluh darah dan gagal menuju jantung.

Terlebih lagi, pembuluh vena di kaki terletak paling jauh dari jantung sehingga membuat darah semakin sulit naik ke jantung. Alhasil, pembuluh vena jadi bengkak dan memicu varises.

Namun memang, hal ini bisa dipicu oleh kebiasaan duduk atau berdiri terlalu lama meskipun tidak secara langsung, Sebab, ada juga hal-hal lainnya yang bisa meningkatkan risiko terjadinya varises, seperti usia dan kehamilan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...