Berbagai Penyebab Sakit Punggung yang Terjadi pada Wanita
ilustrasi

Berbagai Penyebab Sakit Punggung yang Terjadi pada Wanita

Senin, 30 Mar 2020 | 06:19 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Semua orang dapat mengalami sakit punggung setidaknya sekali seumur hidup. Namun, risiko sakit punggung mungkin lebih tinggi dan lebih rentan terjadi pada wanita dikarenakan hal-hal yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa penyebab sakit punggung pada wanita yang perlu Anda ketahui.

Berbagai penyebab sakit punggung pada wanita

Penyebab sakit punggung yang paling umum terlepas dari usia dan jenis kelamin adalah mempertahankan postur tubuh yang buruk.

Punggung bisa juga lama-lama terasa nyeri akibat salah melakukan gerakan, terlalu banyak mengulang aktivitas tertentu yang mengakibatkan tekanan berlebih pada punggung, dan cedera fisik.

Pada dasarnya, sakit punggung dapat timbul dari trauma atau kondisi medis yang berhubungan dengan tulang belakang, ligamen, cakram, serta saraf di sekitarnya.

Nah dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab sakit punggung yang spesifik hanya terjadi pada wanita atau yang lebih umum dialami kaum Hawa:

1. Dismenore

Dismenore adalah istilah medis untuk menggambarkan nyeri dan kram pada area perut bagian bawah sebelum atau selama haid berlangsung yang bisa menjalar ke punggung.

Nyeri haid terjadi ketika otot rahim berkontraksi cukup kuat untuk meluruhkan jaringan dindingnya.

Sakit punggung pada wanita yang terjadi selama haid biasanya bersifat ringan. Namun pada beberapa kasus, intensitas nyerinya bisa sangat hebat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Sedang hamil

Sakit punggung yang terjadi pada wanita saat hamil umumnya disebabkan oleh nyeri sciatica. Sciatica adalah nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit. Hal ini terjadi ketika saraf sciatica rusak dan terjepit di punggung bawah akibat piringan sendi menonjol ke tulang belakang sehingga jadi menekan saraf.

Saraf terjepit umum dialami oleh ibu hamil akibat berat kandungan yang terus bertambah semakin memberikan tekanan berlebih pada persendian panggul. Perubahan posisi bayi juga dapat menambah tekanan pada saraf panggul dan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita.

Perubahan cara bergerak dan postur tubuh saat hamil pun dapat menambah ketegangan pada otot punggung yang memicu nyeri.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan ginekologis yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan dinding rahim di luar rahim dan kemudian menumpuk jadi endapan. Lama-lama, endapan tersebut akan menyebabkan peradangan dan memicu nyeri pada perut bagian bawah. Ada pula beberapa wanita yang melaporkan nyeri terasa menjalar sampai ke punggung hingga kaki.

Gejala lain yang bisa dirasakan, di antaranya:

  • Menstruasi yang terasa sangat menyakitkan, terutama di daerah panggul.
  • Nyeri biasanya akan bertambah parah saat berhubungan seksual.
  • Rasa sakit atau nyeri di daerah genital

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...