Berbagai Peran Nutrisi untuk Atasi Stunting pada Anak
ilustrasi

Berbagai Peran Nutrisi untuk Atasi Stunting pada Anak

Selasa, 28 Jul 2020 | 06:40 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Stunting merupakan salah satu kondisi anak mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan di awal kehidupannya yang bisa jadi disebabkan oleh asupan nutrisi yang buruk. 

Nutrisi memiliki peran vital untuk mendukung tumbuh kembang anak apalagi jika si kecil sempat mengalami stunting. Dampak stunting pada anak pun tidak dapat dianggap sepele. Lebih lanjut, berikut beberapa dampak stunting dan peran nutrisi pada anak yang perlu Anda ketahui.

Mengenal dampak merugikan dari stunting anak

image0

Berdasarkan data dari WHO, terdapat sekitar 144 juta anak di bawah umur 5 tahun mengalami stunting di seluruh dunia. Seringkali, stunting terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

Stunting tidak hanya berdampak pada kesehatan anak, seperti menyebabkan ia lebih mudah sakit, tetapi juga pada perkembangan fisik dan mental.

Dilansir dari Powerofnutrition.org, dampak dari stunting dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Dampak jangka pendek: Pertumbuhan otak menjadi kurang optimal contohnya berdampak pada IQ yang rendah dan sistem imun yang lemah.
  • Dampak jangka panjang: Usia pendek, memiliki postur tubuh yang lebih kecil, dan risiko mengalami penyakit seperti diabetes dan kanker lebih tinggi.

Tak hanya itu, dikarenakan stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan otak, keterampilan dan kemampuan anak dalam belajar atau kognitif pun ikut terganggu. Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa anak yang mengalami stunting akibat buruknya asupan nutrisi relatif mengalami kesulitan belajar saat menginjak usia yang lebih dewasa atau di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa nutrisi menjadi modal utama tumbuh kembang anak di awal kehidupannya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...