Berbagai Pilihan Obat Antibiotik untuk Atasi Sakit Gigi
ilustrasi

Berbagai Pilihan Obat Antibiotik untuk Atasi Sakit Gigi

Rabu, 7 Apr 2021 | 14:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Jika minum obat sakit gigi biasa saja tidak ampuh, Anda mungkin butuh antibiotik untuk mengobati sakit gigi. Namun, antibiotik hanya akan diresepkan dokter jika sakit gigi Anda karena infeksi. Tanda-tanda infeksi pada gigi adalahgusi yang bengkak meradang, dan bahkan muncul kantong nanah (abses). Apa saja pilihan antibiotik untuk sakit gigi yang umum diresepkan dokter?

Pilihan antibiotik untuk sakit gigi

Antibiotik mempunyai fungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini terbagi menjadi beberapa golongan atau kelas. Setiap golongan antibiotik memiliki cara kerja yang berbeda untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

Namun, secara umum antibiotik bekerja melawan, memperlambat, dan membunuh pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh. Mengobati kerusakan gigi adalah hal penting untuk mencegah komplikasi. Maka dari itu dibutuhkan antibiotik untuk membunuh infeksi.

Ada banyak sekali pilihan obat antibiotik untuk mencegah infeksi. Merangkum RXList, berikut beberapa jenis antibiotik yang sering diresepkan dokter untuk mengobati sakit gigi karena infeksi:

1. Amoxicilin

image0

Salah satu antibiotik yang paling sering diresepkan untuk mengobati sakit atau infeksi gigi adalah amoxicillin. Amoxicillin merupakan antibiotik yang masuk dalam kelompok penisilin.

Obat ini bekerja membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh atau mencegah pertumbuhannya.

Dokter dapat meresepkan antibiotik ini sendiri atau digabungkan dengan antibiotik jenis lainnya. Namun sebelum minum obat ini, pastikan beri tahu dokter bila Anda punya alergi terhadap antibiotik golongan penisilin atau obat jenis apa pun.

2. Metronidazol

image1

Metronidazole tergolong dalam kelas antibiotik nitromidazole yang diresepkan untuk golongan bakteri tertentu. Obat ini terkadang diberikan dengan antibiotik golongan penisilin untuk mengatasi sakit gigi.

Setiap orang mungkin mendapatkan dosis metronidazole yang berbeda. Biasanya dosis obat disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, respon tubuh pasien terhadap pengobatan.

Antibiotik untuk sakit gigi ini akan bekerja optimal bila digunakan teratur sesuai yang dianjurkan dokter. Oleh sebab itu, minum obat ini di waktu yang sama setiap hari.

Bila Anda merasa mual, Anda bisa minum obat ini bersama dengan makanan atau segelas susu.

Anda tidak boleh minum minuman beralkohol selama minum metronidazole. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan masalah pada lambung dan membuat kondisi Anda semakin buruk.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...