Berbagai Pilihan Obat untuk Redakan Gejala Muntaber
ilustrasi

Berbagai Pilihan Obat untuk Redakan Gejala Muntaber

Jumat, 22 Mei 2020 | 08:07 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Muntaber atau gastroenteritis menandakan adanya infeksi bakteri, virus, dan parasit pada saluran pencernaan yang menyebabkan seseorang terus muntah dan diare. Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga terkena. 

Untungnya, banyak obat yang tersedia untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Jadi, apa saja obat muntaber yang biasanya digunakan?

Obat untuk meredakan gejala muntaber

image0

Gejala muntaber seperti demam disertai sakit perut, mual, dan muntah bisa menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Komplikasi paling rentan terjadi pada anak dan lansia.

Oleh karena itulah, Anda tidak boleh menyepelekan kondisi ini. Periksakan diri ke dokter jika Anda curiga mengalami gejala muntaber.

Beberapa rekomendasi obat untuk meringankan gejala muntaber, di antaranya:

1. Paracetamol

Sakit perut parah menandakan adanya infeksi dari bakteri, virus, atau parasit penyebab muntaber. Untuk meredakan gejala ini, Anda bisa minum obat paracetamol. Selain meredakan sakit perut, obat ini juga bisa menurunkan demam.

Paracetamol umumnya aman digunakan segala usia, baik itu anak-anak maupun lansia. Gunakan obat muntaber ini ketika gejalanya muncul. Jika sudah membaik, Anda tidak perlu melanjutkan penggunaan obat.

Anda mungkin tahu jika pereda nyeri juga bisa menggunakan obat golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs), seperti ibuprofen, naproxen, aspirin, atau diclofenac.

Meski fungsinya sama, obat tersebut dapat mengiritasi lapisan perut pada beberapa orang. Mengingat orang yang mengalami muntaber mengalami infeksi pada saluran cerna, dikhawatirkan obat NSAID yang bisa mengiritasi akan memperparah kondisi. Oleh karena itu, obat golongan ini sebaiknya dihindari.

2. Oralit

Dehidrasi yang merupakan komplikasi muntaber, sebenarnya bisa dihindari. Salah satu cara ampuhnya adalah kembali mengganti cairan tubuh yang hilang dengan segera. Namun, ini tidak hanya cukup dengan minum air putih saja. Pasalnya, air putih tidak mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

Akan lebih baik jika Anda minum oralit. Oralit adalah larutan yang terbuat dari campuran air, gula, dan garam. Anda bisa mendapatkan obat muntaber ini dari apotek atau toko obat.

Akan tetapi, Anda juga bisa membuat oralit sendiri di rumah. Anda bisa membuat obat muntaber ini dengan langkah berikut ini:

  • Sediakan 1 liter air putih
  • Tambahkan 3/4 sendok teh garam meja
  • Campurkan 2 sendok makan gula dan aduk hingga rata

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...