Berbagai Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan
ilustrasi

Berbagai Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Rabu, 11 Des 2019 | 12:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Berbaring, tengkurap, atau telentang adalah berbagai posisi tidur yang umum dilakukan banyak orang. Tahukah Anda di balik posisi tidur yang Anda lakukan setiap hari, hal itu bisa memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Lantas, bagaimana posisi tidur yang baik dan benar?

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu masalah yang bisa terjadi apabila Anda tidak mendapatkan posisi tidur yang baik adalah nyeri punggung bawah dan memperparah nyeri yang sudah ada. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah menjaga lekukan alami tulang belakang saat berbaring di tempat tidur.

Anda harus memastikan kepala, bahu, dan pinggul pada posisi sejajar. Posisi tidur yang baik ini biasanya dilakukan dengan tidur telentang. Pada beberapa kasus, banyak orang yang tidak nyaman tidur telentang karena membuatnya mendengkur.

Berikut ini beberapa posisi tidur yang baik bagi kesehatan yang perlu dicoba:

1. Menyamping

Posisi tidur yang baik ternyata bisa memengaruhi kesehatan otak. Tidur juga berguna untuk menghilangkan limbah dari otak lebih optimal dibanding ketika saat Anda terjaga. Posisi tidur yang benar dan dipercaya menunjang pembuang limah dari otak adalah posisi menyamping. Efek positif lanjutannya adalah menurunkan risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Posisi tidur menyamping dianggap posisi yang baik untuk mengurangi mendengkur atau mengorok saat tidur. Tidur menyamping juga sangat dianjurkan bagi wanita hamil, dan dianggap baik bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung atau sleep apnea. Namun, posisi tidur ini tidak dianjurkan bagi mereka yang mengalami sakit leher dan sakit punggung.

Sayangnya posisi tidur menyamping memiliki beberapa sisi negatif, yaitu dapat membuat payudara kendor dan memunculkan kerutan dini di wajah. Tidur miring juga membuat terbatasnya pernapasan melalui diafragma.

Meskipun posisi tidur miring adalah posisi tidur yang populer dan nyaman, ia dapat menarik tulang belakang keluar dari posisinya. Kondisi ini bisa membuat punggung bagian bawah tegang. Agar punggung bagian bawah tidak tegang, posisikan bantal untuk menopang kepala dan leher. Setelah itu, tarik sedikit lutut ke atas lalu letakkan bantal di antara keduanya.

2. Tidur telentang dengan tubuh lurus

Posisi tidur yang baik berikutnya adalah telentang. Tidur telentang membuat tulang belakang, leher dan kepala beristirahat dalam posisi netral. Posisi tidur ini tidak membuat tekanan berlebih pada tubuh. Jika Anda menerapakan posisi tidur yang baik ini, maka hal itu juga berguna untuk mencegah penyakit lambung.

Selain penyakit lambung, posisi tidur yang benar ini juga berguna untuk mencegah kerutan di wajah. Namun tidur telentang tidak disarankan untuk penderita sleep apnea atau mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Posisi tidur yang baik ini adalah yang paling praktis untuk dilakukan. Cara tidur yang baik ini hanya memerlukan satu bantal dan tidur telentang dengan posisi kaki lurus. Pastikan kondisi kasur mendukung untuk melakukan posisi ini.

Posisi tidur ini bermanfaat untuk nyeri punggung bawah, terutama mereka yang menderita spondylolisthesis, sebuah kondisi di mana salah satu tulang belakang bergeser dari posisi normal dan condong ke depan menutupi tulang di bawahnya. Pada umumnya, gangguan ini terjadi pada punggung bagian bawah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...