Berbagai Sumber Makanan yang Mengandung Biotin
ilustrasi

Berbagai Sumber Makanan yang Mengandung Biotin

Minggu, 21 Feb 2021 | 14:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Selain untuk kesehatan, biotin juga penting untuk kehamilan. Biotin pun mampu membantu fungsi organ hati dengan baik dan sehat. Simak apa saja makanan yang mengandung biotin berikut.

Berbagai sumber makanan yang mengandung biotin

Biotin disebut juga sebagai vitamin H atau B7. Seperti vitamin B lainnya, biotin membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Bila tubuh memiliki cukup jumlah biotin, Anda mungkin akan memiliki rambut sehat, kulit bercahaya, dan kuku yang kuat.

Selain diproduksi lewat suplemen, ternyata biotin juga bisa diperoleh lewat makanan sehat yang bisa Anda makan setiap hari. Apa saja makanan mengandung biotin yang wajib dikonsumsi?

1. Kuning telur

Kuning telur ayam nyatanya mengandung sejumlah biotin di dalamnya. Kuning telur harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, meskipun panas bisa mengurangi jumlah kandungan biotin di dalamnya.

Karena fungsi biotin berfungsi penting dalam perkembangan embrio ayam, Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai salah satu makanan mengandung biotin yang mudah didapat.

2. Kacang-kacangan

Kacang almond yang mentah, asin, atau dipanggang sama-sama mengandung kadar biotin yang sama tinggi. Selain almond, kacang-kacangan lain dan kacang polong juga mengandung kadar biotin.

Dengan rajin mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kenari, dan almond, ini bisa memberikan Anda protein, vitamin E, dan asupan biotin yang cukup untuk tubuh.

3. Keju

Sebagian besar produk susu umumnya mengandung sejumlah biotin di dalamnya.

Gorgonzola (keju biru) dan keju Camembert merupakan sekian dari jenis keju yang mengandung biotin paling banyak menurut sebuah penelitian yang meneliti kandungan biotin dari 23 jenis keju.  

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beberapa kandungan biotin tertinggi yang ditemukan pada sayuran. Karena ubi jalar juga mengandung beta karoten, ini sangat bagus untuk Anda yang ingin mempercantik dan merawat kulit Anda dari dalam.

Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara dipanggang atau dioven agar kandungan biotin di dalamnya tidak berkurang banyak.

5. Daging atau organ hewan

Hati ayam atau sapi mengandung biotin yang tinggi, kira-kira sebanyak 27 sampai 35 mikrogram biotin dalam 3 ons hati yang dimasak.

Biotin juga bisa ditemukan pada ikan seperti salmon dan sarden. Salmon yang dimasak dengan cara direbus, biasanya memiliki 4 sampai 5 mikrogram biotin per ukuran 3 ons.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...