Berbagai Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak
ilustrasi

Berbagai Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kamis, 19 Nov 2020 | 08:23 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Gangguan kesehatan mata dapat menimbulkan gangguan aktivitas, termasuk pada anak. Kondisi mata yang kurang optimal dapat menghambat dari sisi akademis, sosial, dan hobi. Pasalnya, penglihatan memainkan peran penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua menjaga kesehatan mata anak. Berikut cara yang dapat dilakukan.

Apa yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata buah hati:

1. Periksa ke dokter secara rutin

Periksakan si kecil ke dokter mata setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mata anak Anda tetap sehat, atau untuk mendeteksi adanya masalah pada mata si kecil lebih dini, seperti ambylopia, hyperopia, atau miopi (mata minus). Semakin cepat masalah terdeteksi, maka semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan.

2. Beri nutrisi untuk mata

Biasakan anak Anda untuk makan sayur dan buah-buahan, seperti wortel, tomat, stroberi, dan lain-lain. Hal ini untuk memastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein. Makanan seperti ikan salmon, udang, ikan tuna, dan ikan patin juga baik untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

3. Pakaikan topi atau kacamata hitam saat anak bermain di luar

Lindungi mata anak Anda dari sinar UV yang bisa merusak penglihatan. Anda dapat melindungi dengan memakaikan kacamata hitam atau topi saat beraktivitas di siang hari yang terik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...