Berbahayakah Kista Ovarium? Haruskah Dioperasi?
ilustrasi

Berbahayakah Kista Ovarium? Haruskah Dioperasi?

Rabu, 16 Sep 2020 | 09:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kista ovarium merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada setiap wanita, terutama pada wanita yang masih mengalami menstruasi. Kista sebenarnya bukan masalah serius karena kista dapat hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga kista yang dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan dan perlu perawatan khusus untuk menyembuhkannya. Kapan kista ovarium harus dioperasi?

Bisakah kista ovarium menjadi bahaya?

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang terbentuk pada ovarium Anda. Selama siklus menstruasi, biasanya kista ini muncul dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa Anda ketahui, karena tidak menimbulkan gejala.

Namun, kista ovarium yang dibiarkan tumbuh dan membesar dapat menyebabkan berbagai gejala yang menyakitkan. Seperti, perut membesar atau bengkak, nyeri panggul sebelum dan setelah menstruasi, nyeri panggul saat berhubungan seksual (dispareunia), perut terasa tertekan, mual, dan muntah.

Beberapa gejala juga dapat menunjukkan bahwa kista ovarium sudah berbahaya. Jika Anda mengalami gejala seperti di bawah ini, Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter segera.

  • Nyeri pada perut atau panggul secara tiba-tiba.
  • Demam.
  • Muntah.
  • Pusing, lemah, dan merasa ingin pingsan.
  • Napas menjadi lebih cepat.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, artinya Anda membutuhkan penanganan dokter segera. Gejala tersebut bisa mengindikasikan kista telah pecah atau luruh. Terkadang, kista yang besar dan pecah ini menyebabkan perdarahan berat. Gejala tersebut di atas juga dapat menandakan terjadinya torsi ovarium (ovarium terpuntir). Hal ini merupakan keadaan darurat dan bahaya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...