Berbudaya Ternyata Bikin badan Sehat Loh Winners

Berbudaya Ternyata Bikin badan Sehat Loh Winners

WinNetNews.com-Mengunjungi teater, konser, museum dan galeri seni memperbaiki kesehatan, menurut peneliti asal Norwegia.

WinNetNews.com -Laporan yang terbit dalam Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan makin sering seseorang terlibat di kegiatan seni bakal makin besar pengaruh positifnya pada kesehatan.

Peneliti isyaratkan kebudayaan bisa digunakan tingkatkan kesehatan. Kajian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara 50.797 orang dewasa dari Nord-Trøndelag. Mereka ditanyai mengenai kesehatan dan kepuasaan hidup disamping tingkat kecemasan dan depresi. Mereka pun ditanyakan keterlibatannya dalam: "budaya kreatif" dimana seseorang contohnya memainkan alat musik dan "budaya menerima" seperti datangi galeri seni.

Kedua bentuk kegiatan budaya ini terkait kesehatan yang baik, tingkat stres dan depresi yang rendah, malah ketika dikaitkan dengan faktor-faktor lain contohnya latar belakang sosial dan kekayaan. Pengaruh kegiatan ini lebih terlihat dalam diri pria pengamat seni ketimbang laki-laki yang lebih banyak memakai fisiknya. Penulis laporan sebutkan: "Hasil penelitian ini mengisyaratkan bahwa penggunaan kegiatan budaya sebagai bagian dari usaha peningkatan kesehatan dan perawatannya memiliki dasar yang kuat."

“Ini adalah penelitian yang menarik, kemungkinan berkaitan dengan dilepaskannya hormon-hormon seperti endorfin yang meningkatkan kesehatan, mengurangi kecemasan dan depresi," ucap Profesor Alan Maryon-Davis, juru bicara UK Faculty of Public Health.

Sumber:bbc.com

Foto: http://www.chicagonow.com/