Berburu Pecel Lele di Pusat Kuliner Kantor Pos Balikpapan

Oky
Oky

Berburu Pecel Lele di Pusat Kuliner Kantor Pos Balikpapan Sumber Foto : metrotvnews

Winnetnews.com - Suka pecel lele dan pecel ayam? Pesan tiket murah ke Balikpapan dan kunjungi Pusat Kuliner (samping) Kantor Pos. Tempat ini terkenal di kalangan warga sebagai tempat berburu pecel lele, pecel ayam, serta hidangan serba bakar dengan harga kaki lima. Pusat kuliner ini juga merupakan yang tertua di Balikpapan, sehingga menjadi bagian khas dari sejarah kota di Kalimantan Timur ini.

Asal-usul Pusat Kuliner Kantor Pos

Source : metrotvnews

 

Pusat kuliner ini berawal dari para pedagang kaki lima yang beroperasi di depan Kantor Pos Pusat Kota Balikpapan, tidak jauh dari Kantor Kotamadya. Pada tahun 70-an, para pedagang ini memadati area luas di depan Kantor Pos, dan cukup laris karena banyak karyawan serta pegawai negeri yang makan siang di sana.

Perkembangan Kota Balikpapan pasca tren usaha energi mendorong pemerintah daerah untuk merapikan wajah kota. Pada tahun 80-an, para pedagang mulai dipindahkan ke area kosong di sebelah Kantor Pos. Mereka membuka kios atau warung di sepanjang jalan kecil yang berdekatan dengan lapangan sepak bola serta kompleks militer.

Pusat kuliner tersebut semakin berkembang, dan beberapa pemilik warung bahkan membuka kedai makan yang lebih besar. Kini, pusat kuliner tersebut sudah memiliki gerbang penyambut tamu di jalur masuk dan keluarnya. Karena posisinya yang dekat dengan Kantor Pos, masyarakat setempat masih menyebutnya dengan nama Pusat Kuliner Kantor Pos, walau posisinya sudah berpindah.

Pilihan Menu di Pusat Kuliner Kantor Pos

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda temukan di pusat kuliner ini:

1. Pecel lele dan ayam

Source : tribunnews

Kedua menu ini termasuk yang paling umum dijumpai. Istilah “pecel” tidak merujuk pada hidangan serba sayuran dengan sambal kacang, tetapi paduan antara lauk dengan sambal, nasi, dan lalapan. Ikan lele atau ayamnya biasanya digoreng agak renyah, dan dihidangkan dengan sambal tomat serta lalapan.

2. Soto

Source : citrarasaindonesia

Kedai soto berderet di jalan kecil yang juga merupakan jalur keluar dari pusat kuliner. Soto populer yang bisa Anda temukan adalah soto ayam serta soto Madura. Ciri khas soto di kedai-kedai ini adalah kuah yang cenderung jernih dan gurih, tetapi soto Madura memiliki kuah lebih gelap serta banyak potongan daging dan jeroan.

Ikan dan ayam bakar

Source : unileverfoodsolutions

Jika Anda tidak ingin membayar mahal untuk makan hidangan serba bakar, pilihlah kedai murah yang berada di antara kedai-kedai pecel lele dan ayam. Pilihannya biasanya agak terbatas, misalnya ikan mas, nila, bandeng, udang, serta ayam. Akan tetapi, harganya relatif murah dibandingkan restoran hidangan laut besar.

Karena Balikpapan merupakan kota pesisir, suasana di pusat kuliner ini bisa cukup panas, terutama saat jam makan siang. Akan tetapi, Anda wajib mencobanya saat mampir ke Balikpapan. Ingin segera memanjakan lidah Anda dengan kuliner di Balikpapan? Gunakan layanan tiket pesawat dari Airy untuk mendapatkan harga terbaik. Terbang ke Balikpapan tidak perlu menguras kantung Anda kan? Yuk rencanakan liburan anda sekarang!

Apa Reaksi Kamu?