(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berenang baik untuk penderita asma

Liani
Liani

Berenang baik untuk penderita asma

Penelitian baru menunjukkan bahwa jika Anda memiliki penyakit asma dan berolahraga dengan benar, gejala asma bisa menurun drastis. Karena peneliti sudah mengikuti 43 orang penderita asma selama tiga bulan di mana dengan latihan tertentu radang saluran napas telah turun secara signifikan dan fungsi paru-paru bisa kembali normal.

1. Berenang

Penelitian telah menemukan bahwa orang asma yang biasa berenang cenderung mengurangi presentase kambuhnya. Kehangatan dan kelembapan pada kolam renang bisa membuat paru-paru Anda bekerja lebih baik. Akan tetapi menurut Andrew, klorin dalam air kolam renang bisa juga menjadi pemicu asma pada sebagian orang.

2. Bernapas melalui mulut

Anda harus tahu saat napas Anda berat itu bisa menjadi batuk dan sakit dada. Jadi, apabila Anda merasa aktivitas Anda sudah terlalu berat, bernapaslah segera melalui mulut. Tapi, apabila Anda sedang melakukan kegiatan yang ringan, baru gunakan hidung untuk bernapas.

3. Latihan sejenak

Sebelum berolahraga Anda dianjurkan untuk latihan dengan gerakan ringan sebentar agar tidak memicu flare asma. Andrew menyarankan saat berolahraga usahakan pada 5 sampai 10 menit, Anda hanya menggunakan sekitar dua pertiga dari kecepatan Anda dan dianjurkan untuk tidak terlalu berlebihan saat berolahraga.

4. Perhatikan cuaca

Suhu dingin lebih cenderung memicu flare asma karena bisa mengiritasi paru-paru dan saluran udara. Pastikan Anda menghindari bermain ice skating jika Anda punya asma karena bisa memicu flare. Selain itu, saat suhu dingin segera pakai masker mulut dan syal untuk membantu menghangatkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Ingat, ini juga berlaku saat Anda berada di tengah-tengah polusi udara.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});