Bergunakah Rum Bagi Kesehatan?
ilustrasi

Bergunakah Rum Bagi Kesehatan?

Minggu, 2 Jun 2019 | 16:54 | Rusmanto
Winnetnews.com -  

Miras alias minuman keras ada banyak jenis, tergantung dari cara pembuatannya. Anda mungkin sudah lebih akrab dengan bir, arak, wine, whisky, atau vodka. Bagaimana dengan rum? Yuk, kulik lebih jauh tentang rum, mulai dari cara membuat hingga efeknya bagi tubuh.

Rum adalah minuman fermentasi tebu

Rum adalah minuman beralkohol hasil penyulingan sari tebu, yaitu molase. Di Indonesia, molase yang berupa cairan hitam kental ini disebut dengan tetes tebu.

Rum diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Sejarah mencatat bahwa proses penyulingan molase pertama kali dilakukan pada abad ke 17 oleh seorang pekerja perkebunan tebu di Karibia, Finlandia.

Pada awalnya, molase dianggap sebagai sampah sehingga produk sampingan tebu ini dibuang begitu saja di laut. Namun, buruh perkebunan tersebut sempat iseng memfermentasikan molase hingga akhirnya jadi minuman beralkohol.

Minuman hasil fermentasi tetes tebu ini sudah diproduksi secara meluas di seluruh dunia. Selain diminum langsung, rum juga dapat digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan dan minuman. Mulai dari koktail, es krim, dan kue.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...