Berharap Penegak Hukum Profesional, Kontras Bentuk Posko Darurat Aparat

Berharap Penegak Hukum Profesional, Kontras Bentuk Posko Darurat Aparat

Senin, 8 Agt 2016 | 10:19 | Zaenal Arifin

 Jakarta, Winnetnews.com -  Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) membentuk Posko Darurat Bongkar Aparat, dengan tujuan agar membuat kinerja aparat di berbagai daerah dalam menangani kasus, seperti perkara narkoba, bisa lebih profesional.

Dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin (8/8/2016), Kontras menyebutkan bahwa pihaknya masih menginginkan aparat penegak hukum dan keamanan Indonesia menjadi aparat profesional, tunduk pada hukum, dan mau menjalankan koreksi dengan melibatkan ruang partisipasi publik seluas-luasnya.

Rilis itu mengungkapkan per 5 Agustus 2016 atau dua hari sejak Posko Darurat Bongkar Aparat didirikan, Kontras telah mendapatkan 17 berkas laporan dari individu-individu yang ingin menggugat praktik buruk perlakuan aparat, utamanya kepolisian atas penanganan hukum pada kasus narkotika.

Tim Posko Darurat Bongkar Aparat sekali lagi menegaskan bahwa adalah mutlak untuk melindungi identitas dari setiap pelapor. Kerahasiaan identitas menjadi salah satu prinsip kerja dari Posko Darurat ini agar semua pelaporan tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip HAM dan imparsialitas dari seluruh organisasi dalam menerima berkas laporan.

Karakteristik pengaduan dapat dilihat dari beberapa variabel, yakni kronologi peristiwa, tahun peristiwa, wilayah terjadi peristiwa, institusi terkait, jenis tindakan, dan kelengkapan bukti.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...