Berhati-hatilah, Ini 5 Modus Pencuri Data Kartu Kredit Kamu

Berhati-hatilah, Ini 5 Modus Pencuri Data Kartu Kredit Kamu

Meski transaksi dengan menggunakan kartu kredti terbilang aman, namun ada saja oknum yang menggunakan cara licik untuk membobol data nasabah kartu kredit. Pencurian yang mereka lakukan terbilang sulit untuk terdeteksi. Oleh sebab itu, kamu harus selalu waspada jika salah satu cara dibawah ini mulai kamu alami.

1. Mencuri data pribadi melalui telepon

Biasanya pencuri data kartu kredit menggunakan cara ini dengan modusmenyamar sebagai petugas bank. Mereka berpura-pura untuk menyampaikan bahwa kartu kredit kamu sedang dalam masalah. Dari situlah kamu diminta untuk mmberikan data seperti nama lengkap, alamat, hinnga data rahasia. Bahkan password, pin dan nomor kartu juga harus disebutkan. Pada saat kamu diminta data tersebut, cepatlah kamu matikan telepon dan kamu harus cepat mengkonfirmasi pada pihak bank.

2. Kamu diminta untuk menginstal Security Software

Cara ini termasuk sulit terdeteksi. Karena biasanya orang-orang menginstal security software agar computer atau gadgetnya aman. Namun sayangnya, Security Software yang mereka install adalah sebuah virus yang bisa menginfeksi computer atau gadget kamu. Jika sudah terinfeksi, maka pencuri dengan mudahnya membobol data pribadi anda.

3. Adanya tawaran menggiurkan

Nah, yang satu ini kamu sudah pasti sering dengar tentang penipuan berhadiah. Pencuri data berpura-pura mengumukan bahwa kamu menang undian berhadiah dari bank. Mereka pasti meminta data pribadi anda. Jika kamu tidak ingin tertipu, kamu harus mengkonfirmasi kembali pada pihak bank, apa berita tersebut benar atau tidak.

4. Mencuri data melalui email

Selain lewat telepon, pencuri data kartu kredit juga menipu melalui email. Caranya, mereka mengirimkan email pada pengguna kartu kredit. Emailnya pun sama persis dengan email dari pihak bank. Kamu harus jeli pada saat menerima email tersebut. Ingat, email yang masuk biasanya email nonresmi. Maka abaikan saja.

5. Menggunakan alat penyadap

Kalau kamu ingin mengambil uang via atm, maka kamu perlu waspada. Saat kamu memasukkan kartu kedalam mesin, maka secara alat tersebut menyalin data kartu dan nomor pin kamu.

Biasakan, jika memang kamu ingin mengambil atau transaksi via atm, carilah tempat yang ramai atau ada security yang berjaga.