Berikut Bahayanya OTG COVID-19, Infeksi Tanpa Gejala
ilustrasi

Berikut Bahayanya OTG COVID-19, Infeksi Tanpa Gejala

Kamis, 9 Apr 2020 | 06:58 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Terkait wabah virus Corona (COVID-19), Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini memperkenalkan istilah yang disebut sebagai OTG. Apa itu OTG virus Corona (COVID-19)? Guna meningkatkan kewaspadaan Anda semua, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Itu OTG?

OTG adalah kependekan dari ‘Orang Tanpa Gejala’.  Istilah yang mungkin baru pertama kali ini Anda dengar diperkenalkan oleh Kemenkes RI di dalam buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).

Orang tanpa gejala atau OTG—sesuai dengan namanya—adalah istilah yang disematkan kepada orang-orang yang tidak menunjukkan gejala umum COVID-19 seperti demam, batuk, dan sesak napas, namun berpotensi untuk tertular penyakit ini dikarenakan ia merupakan kontak erat dengan yang sudah terkonfirmasi positif.

Apa itu kontak erat? Kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada di dalam radius 1 meter (bisa juga kurang) dengan pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien terkonfirmasi COVID-19. Orang-orang yang masuk ke dalam kategori kontak erat ini antara lain sebagai berikut:

  • Petugas kesehatan (dokter, perawat, dsb.) yang melakukan pemeriksaan, perawatan, hingga membersihkan area perawatan pasien COVID-19 tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar.
  • Seseorang yang berada di dalam satu ruangan dengan PDP dan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 (termasuk rumah, sekolah, tempat ibadah, dsb.), 2 hari sebelum atau 14 hari setelah pasien positif menimbulkan gejala.
  • Seseorang yang memiliki riwayat perjalanan bersama dengan PDP atau pasien terkonfirmasi positif COVID-19, 2 hari sebelum atau 14 hari setelah pasien positif menimbulkan gejala.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...