Berikut Dampak Bila Meletakan Ponsel di Kasur

Rusmanto
Rusmanto

Berikut Dampak Bila Meletakan Ponsel di Kasur ilustrasi
Winnetnews.com - Meski sudah berkali-kali diperingatkan oleh pakar kesehatan agar tidak menempatkan ponsel di dekat kasur saat tidur. Banyak orang yang masih membawanya di kasur atau menempatkannya di samping kasur saat tidur malam. Padahal, hal ini bisa memberikan dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Bahaya Menempatkan Ponsel di Kasur

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa didapatkan jika kita terbiasa membawa ponsel hingga ke kasur tidur.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

1. Menyebarkan Bakteri

Cobalah kita ingat-ingat lagi dimana saja kita menempatkan ponsel selama seharian ini. Tak hanya di bawa ke toilet saat buang air besar, kita seringkali juga menempatkan ponsel dengan sembarangan seperti di lantai, meja berdebu, hingga di pinggir jalan saat berada di luar rumah.

Meskipun ponsel terlihat bersih, dalam realitanya penuh dengan bakteri dan kotoran. Jika kita kemudian membawanya ke kasur, maka berbagai bakteri ini tentu akan berpindah ke kasur kita dan bisa membuat kita mudah sakit.

2. Menyebabkan Cedera

Jika kita masih memainkan ponsel di atas kasur sebelum tidur padahal selama seharian juga sudah sering memainkannya, bisa jadi akan menyebabkan jari-jari dan pergelangan tangan akan mengalami stres atau cedera.

3. Bisa Saja Memicu Ledakan atau Kebakaran

Meskipun kasusnya cenderung jarang terjadi, dalam realitanya ada kasus ledakan atau kebakaran yang disebabkan oleh ponsel ditempatkan di bawah bantal di atas kasur. Hal ini disebabkan oleh panas yang muncul dari ponsel tersebut yang tertahan di antara bantal dan kasur sehingga bisa saja menyebabkan baterai ponsel meledak. Ditambah dengan bahan bantal dan kasur yang cenderung mudah terbakar, maka hal ini tentu akan menyebabkan dampak yang jauh lebih buruk.

Jika kita juga mengisi daya dan menempatkan ponsel di atas kasur atau di bawah bantal, risiko untuk mengalami kebakaran atau ledakan juga akan semakin meningkat.

Apa Reaksi Kamu?