Berikut Komentar Darmin Terkait Dolar AS Lewati Rp 14.000
istimewa

Berikut Komentar Darmin Terkait Dolar AS Lewati Rp 14.000

Selasa, 8 Mei 2018 | 07:25 | Rusmanto

WinNetNews.com - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah sore ini menembus Rp 14.000. Dolar AS merangkak naik dari sebelumnya di level Rp 13.995. Bahkan di pasar spot dolar AS berada di antara Rp 14.005 dan Rp 13.995. Ini merupakan level tertinggi dolar AS di sepanjang 2018.

Menanggapi hal tersebut Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution mengatakan kondisi pelemahan rupiah terhadap dolar tidak perlu dikhawatirkan. 

"Kurs kan sebenarnya belum masih bergerak lah dan itu sama-sama juga dengan yang lain kita nggak sendirian jangan dilihat sesuatu yang eneh dan mengkhawatirkan. Memang dia tembus tapi memang mestinya tidak berarti akan bertahan di angka itu," kata dia di Gedung Ali Wardhana, Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, Senin (7/5/2018).

Darmin menjelaskan, pihak Bank Indonesia pastinya tengah mempersiapkan langkah strategis untuk mengatasi pelemahan rupiah saat ini. 

Jika dilihat dari strategi penguatan rupiah dengan menaikkan suku bunga acuan, kata Darmin hal tersebut akan berdampak pada perlambatan pertumbuhan kredit di dalam negeri. Namun di sisi lain, dengan naiknya suku bunga acuan di dalam negeri penguatan rupiah bisa dilakukan.

"Lho memang pada situasi fluktuasi, ya pilihannya satu dari dua. Nggak bisa dua duanya mempertahankan angka ini atau mempertahankan kurs yaa tidak bisa dua duanya dan sebenarnya kan, pertumbuhan ekonomi kita memang tidak terlalu bagus. 

Tapi jangan lupa pertumbuhan ekonomi di kwartal 1 cenderung sedikit lebih rendah dibanding sesudahnya," papar dia. (detikfinance)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...