Skip to main content

Berikut Makanan Sehat yang Bantu Kurangi Berat Badan Wanita Pada Masa Menopause

Berikut Makanan Sehat yang Bantu Kurangi Berat Badan Wanita Pada Masa Menopause
Berikut Makanan Sehat yang Bantu Kurangi Berat Badan Wanita Pada Masa Menopause

WinNetNews.com - Berat badan yang bertambah menjadi hal yang sering terjadi saat seorang wanita menginjak masa menopause. Penting mengonsumsi makanan sehat yang tepat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Selain dapat membantu mengurangi berat badan, mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga juga bisa mengurangi gejala menopause, menjaga kesehatan mental, serta fisik kamu. Jika kamu ingin melakukannya, berikut adalah beberapa makanan sehat tersebut, seperti dilansir dari Healthline.

1. Kedelai

Orang umumnya menggunakan kedelai untuk mengatasi gejala menopause seperti hot flashes, yang biasanya berupa rasa panas di dalam tubuh, keluar keringat, serta jantung yang berdebar-debar.

Kedelai dikenal karena kaya akan isoflavon yang mengandung fitoestrogen. Fitoestrogen adalah hormon kimiawi dalam tanaman yang memiliki efek seperti estrogen pada tubuh manusia.

2. Ikan

Risiko penyakit jantung, bisa meningkat setelah wanita menginjak menopause. Mengonsumsi ikan seperti salmon, trout, atau meminum suplemen minyak ikan, dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Selain itu minyak ikan juga dapat mencegah kanker payudara dan meringankan gejala depresi.

3. Buah-buahan, sayuran, dan tepung gandum

Buah dan sayuran mengandung kalori yang rendah dan akan memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan. Sedangkan tepung gandum, merupakan sumber baik dari serat yang akan membantu menjaga fungsi sistem pencernaan kamu dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Serat bisa ditemukan dalam roti, pasta, sereal, dan nasi merah. Konsumsi setidaknya dua hingga empat porsi buah, dan setidaknya tiga sampai lima porsi sayuran per hari.

4. Susu

Risiko osteoporosis dan kebutuhan asupan kalsium kamu akan meningkat saat menopause, sehingga disarankan agar seorang wanita yang menopause, harus mendapatkan 1.200 mg kalsium per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium kamu, makanan dan minuman seperti produk susu rendah lemak, brokoli, dan kacang-kacangan dapat membantu.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top