Berikut Tanda-tanda Kanker Usus Besar yang Harus Diwaspadai
ilustrasi

Berikut Tanda-tanda Kanker Usus Besar yang Harus Diwaspadai

Jumat, 21 Jun 2019 | 12:10 | Rusmanto
Winnetnews.com - Salah satu masalah kesehatan yang mulai sering menyerang kaum milenial adalah kanker usus besar. Masalahnya adalah kanker ini seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas di fase-fase awal sehingga membuat kita tidak menyadarinya hingga kanker ini berkembang menjadi semakin parah. Sebenarnya, adakah tanda-tanda dari kanker usus besar yang bisa kita waspadai?

Beberapa tanda kanker usus besar

Kanker usus besar sebenarnya lebih sering ditemukan di orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun, namun kini kasus kanker ini juga semakin sering terjadi di orang dengan usia muda, termasuk pada orang-orang dengan usia 20 hingga 29 tahun.

Berikut adalah beberapa tanda dari kanker usus yang seringkali tidak kita sadari.

1. Refluks asam lambung sulit untuk diatasi

Gejala yang paling umum terjadi jika kita mengalami kanker usus besar adalah refluks asam lambung yang sulit untuk diatasi. Kondisi ini bahkan bisa membuat asam lambung mencapai pangkal tenggorokan dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

Biasanya, kondisi ini memang lebih terkait dengan gangguan pada lambung atau karena pola makan yang tidak sehat, namun jika kita mengalami kanker usus besar, akan muncul tumor di saluran pencernaan yang bisa merangsang produksi asam lambung menjadi jauh lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang nantinya memicu refluks asam lambung yang cukup parah.

2. Sering mengalami sakit perut parah yang datang secara tiba-tiba

Gejala lain dari kanker usus besar yang sebaiknya kita waspadai adalah seringnya mengalami sensasi sakit perut yang parah yang datang secara tiba-tiba. Terkadang, sakit perut ini bahkan muncul setelah kita makan. Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya sumbatan pada usus yang membuat laju makanan terhambat dan akhirnya membuat kita mengalami sensasi nyeri pada perut ini.

3. Sering mengalami perut kembung

Perut kembung sebenarnya wajar muncul jika kita menelan udara terlalu banyak saat makan atau mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memicu produksi gas dalam jumlah yang banyak di dalam perut. Hanya saja, jika kita tergolong sering mengalami sensasi perut kembung dan begah sehingga membuat perut terus terasa penuh, bisa jadi hal ini adalah tanda dari kanker usus besar yang harus diwaspadai.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...