Berikut Tips untuk Bekal Sahur dan Buka Saat Mudik

Rusmanto
Rusmanto

Berikut Tips untuk Bekal Sahur dan Buka Saat Mudik ilustrasi

Winnetnews.com - Melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman saat puasa membutuhkan persiapan yang matang. Tak hanya perlu mempersiapkan akomodasi perjalanan, Anda juga wajib memiliki kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, tips menjelang mudik yang mesti Anda lakukan adalah mengonsumsi berbagai makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Namun sebelumnya, Anda perlu tahu dahulu berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat puasa.

Nutrisi yang harus dipenuhi menjelang mudik

Karbohidrat

Karbohidrat harus selalu ada di waktu sahur maupun berbuka puasa. Nutrisi ini berperan sebagai sumber energi utama, maka itu sangat penting. Saat sahur sebaiknya konsumsi jenis karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Contoh karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, bihun, atau mie. Anda bisa memilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat seperti nasi merah atau roti gandum supaya tidak mudah lapar.

Sebaliknya, saat berbuka Anda bisa memilih makanan manis atau jenis karbohidrat sederhana lainnya untuk menggantikan energi tubuh yang habis setelah seharian berpuasa.

Protein

Makanan tinggi protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak. Selain itu, makanan tinggi protein juga membantu tubuh membentuk otot dan jaringan baru.

Jadi pastikan makanan sumber protein seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur, tempe, dan tahu, ada di dalam menu makan sahur maupun berbuka puasa.

Lemak

Lemak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi utama, sama seperti karbohidrat dan protein. Lemak mengandung energi yang cukup besar yakni sebanyak 9 kkal. Tak hanya itu, lemak juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap vitamin yang berasal dari makanan maupun suplemen.

Serat

Makanan kaya serat memiliki efek yang sama dengan makanan yang kaya akan protein. Makanan tinggi serat dapat menahan rasa lapar selama seharian. Selain itu, serat juga membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Air

Sebanyak 60 persen tubuh tersusun atas air. Untuk itu, mencukupi kebutuhan air setiap hari menjadi hal wajib, bahkan saat bulan puasa tiba. Mencukupi cairan tubuh setiap hari selama puasa dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Vitamin dan mineral

Ketika berpuasa, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi. Pasalnya ketika puasa, tubuh jadi lebih mudah kehilangan vitamin dan mineral akibat kekurangan cairan dan pola makan yang berubah.

Bila kekurangan vitamin dan mineral akan membuat tubuh jadi mudah sakit. Nah, tidak mau kan saat perjalanan mudik Anda atau anggota keluarga lainnya jatuh sakit?

Maka itu, Anda harus memastikan asupan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang paling diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C dan zinc.

Kombinasi keduanya membuat Anda dan keluarga terjaga dari serangan penyakit dan menjadi lebih bugar. Bila memang perlu, Anda bisa menambah asupan vitamin dan mineral dari suplemen.

Apa Reaksi Kamu?