Berikut yang Terjadi Pada Perut Saat Hamil Muda
ilustrasi

Berikut yang Terjadi Pada Perut Saat Hamil Muda

Senin, 18 Mei 2020 | 02:38 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Apa saja tanda-tanda hamil muda pada perut? Pada awal kehamilan, perut memang belum mengalami banyak perubahan. Namun meskipun belum terlihat membuncit, ternyata ada banyak perubahan lain pada perut yang dapat mengindikasikan kehamilan.

Tanda-Tanda Hamil Muda pada Perut

Ketika hamil, wanita mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Mengingat posisi rahim berada di perut, tentunya tidak heran jika beberapa tanda hamil ini memengaruhi perut. Pada saat hamil muda, perubahan pada perut memang belum terlihat, tetapi terdapat beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan.

Berikut adalah 5 tanda-tanda hamil muda pada perut:

1. Kram Perut

Tanda hamil muda pada perut yang pertama adalah kram perut bagian bawah.

Gejala ini terkadang dibarengi dengan flek yang mungkin menandakan implantasi (proses tertanamnya embrio ke rahim). Kram perut yang dirasakan kurang lebih sama dengan kram yang dirasakan ketika akan menstruasi. Hal ini yang membuat tanda hamil dan tanda akan menstruasi terkadang sulit untuk dibedakan.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, karena beberapa obat mungkin memberikan efek negatif pada kehamilan. Apabila Anda mengalami gejala ini disertai dengan keterlambatan menstruasi, sebaiknya segera lakukan tes kehamilan.

2. Perut Kembung

Kondisi yang termasuk dalam tanda-tanda hamil muda selanjutnya adalah perut kembung.

Sama seperti kram perut, perut kembung juga terkadang menjadi gejala umum sebelum menstruasi. Saat hamil muda, perut kembung disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang membantu memperlambat pencernaan.

Ketika pencernaan melambat, akan lebih banyak waktu bagi nutrisi dari makanan yang dikonsumsi untuk mencapai aliran darah dan memberi asupan ke janin.

Anda sebaiknya menghindari jenis makanan yang dapat membuat perut kembung seperti kacang-kacangan, minuman berkarbonasi, brokoli, bawang merah, apel, bawang putih, dan masih banyak lagi.

3. Perut Terasa Kencang

Tanda lain yang mungkin muncul pada awal kehamilan adalah perut yang terasa kencang.

Beberapa wanita merasakan sensasi otot seperti ditarik atau diregangkan di bagian perut. Sensasi seperti kesemutan juga dapat terjadi. Namun selain karena kehamilan, kondisi ini juga bisa muncul akibat dari melakukan gerakan olahraga untuk mengencangkan otot.

Beristirahat, kompres hangat, pijat lembut, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa menjadi cara untuk mengatasi perut yang terasa kencang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...