Berjabat Tangan Itu Tidak Sehat ?

Berjabat Tangan Itu Tidak Sehat ?

Berjabat tangan merupakan cara sopan untuk memberi salam kepada orang lain. Namun, kontak semacam ini menjadi penyebab utama penyebaran berbagai virus penyebab infeksi. Hal ini karena telapak tangan kita menjadi tempat berlabuh banyak mikroorganisme.

Kebiasaan buruk malas mencuci tangan adalah pemicunya. Oleh karena itu, berbagai masalah kesehatan dapat terjadi. Melansir okezone, berikut alasan jabat tangan itu tidak baik untuk kesehatan. Simak ulasannya..

Tangan menyebar virus flu

Mereka yang peduli orang-orang di sekitar saat flu, akan secara otomatis menutup hidung dan wajah dengan telapak tangan. Virus berbahaya yang dikeluarkan saat bersin dapat terus menempel dan ini bisa berpindah ke orang lain saat kita menjabat tangan orang lain tanpa mencuci tangan sebelumnya.

Pemicu sakit perut

Tidak hanya virus flu, virus penyebab infeksi pencernaan seperti norovirus dan salmonella bisa mampir ke tangan Anda dan orang lain yang Anda sentuh. Virus dan bakteri tersebut tanpa disadari dapat menyebabkan diare dan keluhan pencernaan lainnya.

Menyebarkan virus berbahaya

Kita tidak pernah tahu mikroorganisme apa yang akan menghinggapi kita. Banyak penyakit infeksi yang bisa disebarkan melalui kontak kulit dengan kulit, di antaranya virus penyakit cacar yang begitu mudah menyebar.