Berkas Perkara Sudah Lengkap, Kasus Indra Kenz Siap Naik ke Persidangan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 7 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Berkas Perkara Sudah Lengkap, Kasus Indra Kenz Siap Naik ke Persidangan
Indra Kenz

Winnetnews.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkasa perkara kasus Binomo dengan tersangka Indra Kenz sudah lengkap. Kasus tersebut pun siap naik ke persidangan.

"Berkas perkara atas nama Tersangka IK telah lengkap secara formil dan materiil (P-21) setelah dilakukan penelitian oleh jaksa peneliti (P.16) pada Direktorat Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara, Ketertiban Umum, dan Tindak Pidana Umum Lainnya (Kamnegtibum dan TPUL) Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum)," ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Kamis (23/6)

Ketut menjelaskan Indra Kenz akan segera menjalani tahap II atau penyerahan berkas tersangka dan barang bukti. Setelahnya, kata Ketut, tim jaksa penuntut umum akan menyusun berkas dakwaan yang akan dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

"Sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat 3 b, Pasal 138 ayat 1, dan Pasal 139 KUHAP, meminta kepada penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri untuk menyerahkan tanggung jawab Tersangka dan barang bukti kepada penuntut umum guna menentukan apakah perkara tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk dapat atau tidak dilimpahkan ke pengadilan," kata Ketut.

Sebagai informasi, dalam kasus ini Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka dugaan penipuan investasi lewat platform Binomo. Ia dijerat dengan Pasal 45A ayat 1 juncto Pasal 28 ayat 1 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 27 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 3 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...