Berkunjung ke Gereja Blenduk Seperti Berada di Netherland

Berkunjung ke Gereja Blenduk Seperti Berada di Netherland

WinNetNews.com - Keliling Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata gedung tuanya. Memang kondisi alam di sana sangat baik, namun sejarah dari bangunan tua juga dapat menambah wawasan kan?

Kali ini kamu akan dikenalkan dengan Gereja Blenduk Semarang. Gereja yang memiliki nama lain Nederlandsch Indische Kerk memang termasuk gereja tertua di Semarang, karena dibangun sejak 1753. Tidak hanya itu saja, gereja dengan bangunan bergaya Neo-Klasik sangat tampil menonjol di Jalan Suari, yang dahulu bernama Kerk straat atau Jalan Gereja.

image0

Lalu mengapa bisa berubah nama menjadi Gereja Blenduk?

Itu masih termasuk kebiasaan masyarakat sekitar. Karena sulit berbicara bahasa Belanda, akhirnya mereka menyebutnya Blenduk. Selain itu, karena atap gereja yang melengkung layaknya dan berwarna merah bata. Dan jangan lupakan dua menara yang turut menghiasi gereja ini.

image1

Jika kamu menelusuri gereja lebih dalam lagi, kamu akan menemukan segala bentuk barang yang benar – benar istimewa dan terawatt. Seperti Chamber Organ Gereja Blenduk, lalu interior kursi yang berbaris rapi, serta desain tangga yang menyambungkan lantai satu dan lantai dua gereja.

image2

Sebelum seperti sekarang, Gereja Blenduk pernah dibangun layaknya rumah bergaya panggung jawa dengan atapnya yang sama persis seperti rumah Jawa. lalu tahun 1787 rumah panggung ini dirombak total. Tujuh tahun berikutnya diadakan kembali perubahan. Pada tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A. de Wilde dan W.Westmas. Gereja ini dibangun pada abad ke-17 dan telah mengalami 3 kali renovasi, yaitu pada tahun 1753, 1894 dan terakhir tahun 2003.

Meskipun telah direnovasi berkali – kali, gaya arsitekturnya juga tidak berubah. Kalau kamu ingin berkunjung ke Gereja Blenduk, silahkan datang ke Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang, pukul pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Namun untuk hari Minggu, pengunjung boleh datang pukul 13.00-16.00 WIB. Sebab pada Minggu pagi, Gereja Belenduk digunakan sebagai tempat kebaktian umat kristen protestan. Selain itu, pengunjung dilarang datang saat ada acara pernikahan ya!