Berlibur Ke Pulau Samosir, Sampai Kapanpun Travelers Pasti Akan Mengingatnya

Berlibur Ke Pulau Samosir, Sampai Kapanpun Travelers Pasti Akan Mengingatnya

Sabtu, 9 Apr 2016 | 22:40 | Kontributor
winnetnews.com - Travelers, Anda pernah mendengar nama Pulau Samosir? Pulau yang besar di tengah Danau toba ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia dan Dunia. Pulau samosir memang memiliki keindahan alam yang memukau, pulau ini juga memiliki daya tarik yang cukup tinggi, selain karena letaknya di tengah danau toba dan memiliki panorama alam yang sangat indah, pulau ini juga sarat dengan cerita-cerita kuno atau dongeng masyarakat yang terkait dari terjadinya pulau ini.

Sedangkan menurut ilmu pengetahuan,menyatakan bahwa pulau samosir terjadi karena letusan super volcano pada beberapa ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu, banyak kalangan travelers Indonesia dan mancanegara penasaran. Karena penasaran itu banyak orang dari berbagai negara di dunia datang dan menginjakkan kakinya di pulau ini.

Pulau samosir juga dikenal sebagai kampung halaman dari suku batak, terdapat sebuah gunung bernama Pusuk Buhit di daerah ini dimana di puncak gunung pusuk buhit inilah orang batak berawal. Sehingga tidak mengherankan jika di pulau samosir terdapat banyak benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan tradisi suku batak, dan mayoritas penduduknya adalah suku batak..

Dari keseluruhan wisata danau toba nama lokasi Parapat, Tomok, dan Tuktuk siadong-adong adalah lokasi yang selalu di sebut, seakan-akan hanya ini saja spot-spot wisata yang ada di sekitar danau toba dan pulau samosir. Tahukah anda ? di pulau samosir sendiri sangat banyak spot wisata menarik yang patut untuk anda kunjungi seperti museum, air terjun, patung, peninggalan bersejarah dan spot lainnya. Ada juga hal unik seperti danau diatas danau yaitu danau sidihoni, dimana danau ini berada di atas pulau samosir. Sehingga danau sidihoni sering dijuluki sebagai danau diatas danau

Kegiatan Wisata Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Samosir

image0

Mungkin ketika memiliki rencana untuk travelling ke pulau samosir, ada sebuah pertanyaan dalam hati anda. Seperti apa kegiatan wisata yang bagus untuk dilakukan disana nantinya. Ya.. ada beberapa kegiatan yang tentunya dapat mengisi hari-hari anda selama berada di pulau samosir antara lain :

Menonton langsung pertunjukan Sigale-gale

Mungkin anda sudah tahu tentang sigale-gale, paling tidak pernah mendengar nama tersebut. Patung sigale-gale merupakan patung yang bisa menari, berpakaian dan menggunakan ulos batak di bahunya sehingga memang terlihat seperti orang menari.

Padahal itu hanyalah sebuah patung yang digerakkan oleh seseorang dibelakangnya. Dan sigale-gale menjadi salah satu objek yang paling dicari di pulau samosir. Tidak lengkap rasanya kalau belum manortor bersama patung yang punya sejarah ini. Anda bisa menonton dan menari bersama sigale-gale di Tomok.

Berkeliling Pulau

Ya.. sebuah kegiatan yang cukup digemari di sini adalah berkeliling pulau samosir, boleh menggunakan sepeda ataupun sepeda motor. Atau anda juga bisa menggunakan mobil dan anda bisa mengelilingi pulau samosir yang memiliki jalan Ring-roat (keliling)

Berenang di Pantai Pasir Putih

image1

Ya.. di pulau samosir ada pantai namanya pantai pasir putih, pantai ini bukanlah seperti yang anda bayangkan berada di tepi laut, melainkan di danau toba. Di sini anda bisa bermain seperti halnya di pantai, hamparan pasir putih di tepi danau yang membuat namanya menjadi pantai pasir putih, gelombang danau yang tenang membuat bermain bersama anak-anak dan teman-teman travelling anda. Pantai ini ada di Desa Parbaba.

Hunting Foto

image2

Jjika anda suka memegang kamera, di sini akan sangat banyak objek yang bisa anda foto. Tentu dengan berbagai keindahan yang akan anda temukan baik itu keindahan alam, budaya, dan kehidupan masyarakat lokal.

Ada banyak lagi kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan, anda bisa melihat daftar spot wisata diatas lalu mengunjunginya satu persatu atau beberapa dari daftar tersebut jika anda punya waktu.

Berbelanja Souvenir

Selain menikmati keindahan alam danau toba, mempelajari tentang kebudayaan batak dari peninggalan bersejarahnya, dan kegiatan lainnya di pulau ini. Anda juga bisa berburu souvenir yang cantik dan menarik.

Untuk mendapatkan souvenir, di daerah tomok sangat banyak ditemukan. Terdapat sebuah pasar yang khusus menjual barang-barang bagus tentang danau toba dan budayanya. Disini anda bisa membeli seni ukir, gantungan kunci menarik, baju dan barang-barang unik lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...