Bernuansa Soundtrack Anime, Mocca Terjemahkan 'All The Way' ke Bahasa Jepang

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Bernuansa Soundtrack Anime, Mocca Terjemahkan 'All The Way' ke Bahasa Jepang
Foto: Instagram/moccaofficial

Winnetnews.com -  Mocca segera merilis lagu terbaru mereka yang bertajuk ‘All The Way’. Single keenam dari album ‘Day by Day’ ini, memiliki irama yang riang dan bisa mengingatkan pendengar dengan soundtrack anime Jepang.

Lagu ‘All The Way’ ini, digarap oleh Mocca pada awal pandemi lalu. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang menemukan kunci kebahagiaannya, yakni pasangan.

Pada kesempatan bincang virtual, Rabu (13/1) kemarin, Toma (bassis) mengungkapkan kalau ia yang membuat nada dari lagu ini. Dia pun mendengarkan nada tersebut kepada rekannya, Arina Ephipania (vokal), Riko Prayitno (gitar), dan Indra Massad (drum).

Setelah diperdengarkan, Riko dan Indra merasa kalau lagu ‘All The Way’ sangat bernuansa Jepang.

“Pas jadi lagunya, kata Indra dan Riko, ‘ini Jepang banget nih!’,” kata Toma.

Selanjutnya, Arina pun mengerjakan lirik dari lagu ini. Tak butuh waktu lama, proses pembuatan lirik hanya memakan waktu satu jam. Lagu yang sudah lengkap ini, kemudian aransemennya dipercantik oleh Indra dan Riko.

Lagu yang bernuansa anime ini, membuat Mocca kemudian menghadirkan ‘All The Way’ versi berbahasa Jepang. Dalam proses penerjemahan liriknya, Arina dibantu oleh sang suami, Hiroaki Kato.

Mocca
Mocca rilis video musik 'All The Way'. Foto: Instagram/moccaofficial

Uniknya, rekaman ‘All The Way’ versi Jepang ini hanya dilakukan di kamar dan bukan studio. Sehingga Arina harus mengerjakannya pada saat dini hari, sehingga suasana lingkungan rumahnya benar-benar hening.

Selain karena memiliki nuansa anime, lagu ‘All The Way’ versi Jepang ini dibuat karena Mocca berkeinginan untuk bisa merilisnya di Negeri Sakura tersebut. Namun, karena sedang pandemi, hal tersebut untuk saat ini ditunda terlebih dahulu.

“Biasanya kalo rilisan Jepang suka ada bonus-bonus track gitu ya, bonus tracknya apa ya? Yaudah lah kita bikin versi bahasa Jepang,” pungkas Riko.

Selain nada lagunya yang bernuansa Jepang, video musik untuk ‘All The Way’ pun dibuat layaknya sebuah film anime. Dalam proses pengerjaannya, Mocca berkolaborasi dengan seorang desainer grafis muda asal Bandung, Alifia SM.

Dia menyelesaikan proyek ini sendirian dalam kurun waktu satu bulan. Selama proses pembuatannya, Alifa mendapatkan referensi dari anime Voltus V.

Para personil Mocca digambarkan dalam bentuk animasi dan mempunyai ciri khas mereka masing-masing dan merupakan penjelajah waktu dari empat masa yang berbeda.

Video musik ‘All The Way’ dirilis pada 15 Januari 2021, di kanal YouTube Mocca.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...