Beroperasi 2017, Empat Ruas Tol Milik Astra

Beroperasi 2017, Empat Ruas Tol Milik Astra

WinNetNews.com - Anak usaha milik PT Astra International Tbk (ASII), yaitu PT Astratel Nusantara (AN) empat ruas tol ditargetkan dapat beroperasi penuh pada 2017.

"Tahun 2017 atau 2018 keempat tol tersebut sudah bisa jalan," ujar Direktur ASII Paulus Bambang Widjanarko di Jakarta, dilansir dari SindoNews,Senin (16/11/2015). Keempat tol tersebut, yakni ruas Tangerang-Merak sejauh 72,4 kilometer (km), Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 km, Serpong-Kunciran sejauh 11,25 km, dan Semarang-Solo sepanjang 72,64 km.

Paulus memaparkan, melalui kepemilikan 79,31% saham di PT Marga Mandalasakti (MMS) untuk ruas tol Tangerang-Merak, Astratel sudah menyelesaikan jalur ketiga Cikupa-Balaraja pada Juni lalu.

Selanjutnya, dengan kepemilikan 95% saham di PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) untuk ruas tol Jombang-Mojokerto, Astratel saat ini sedang menggarap seksi II dan III.

"Seksi I sepanjang 14,7 km sudah, sedang garap seksi II dan III. Kita harap tahun depan selesai, akuisisi lahan sudah 93%, tinggal 7%," kata Paulus.

Kemudian, Paulus menambahkan, Astratel juga memiliki 40% saham di PT Marga Trans Nusantara (MTN) selaku penggarap ruas tol Serpong-Kunciran. Saat ini, proses akuisisi lahan masih 54%.

"MTN Kunciran-Serpong masih 54%. Juni tahun depan akan selesai dan mulai bangun pada bulan Juli," jelasnya. Terakhir, Astratel memiliki 25% saham di PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai pemilik ruas tol Semarang-Solo. Proses pembangunan ruas tol ini sudah sampai tahap merampungkan seksi II dan III.

"Trans Marga Jateng sudah selesai seksi I. Sekarang pengerjaan seksi II dan III sedang berjalan, tahun depan selesaikan ruas IV dan V," pungkasnya.